Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Libur Lebaran, Pengunjung Lokawisata Baturraden Meningkat 100% Lebih

0

METROJATENG.COM. BANYUMAS – Libur Lebaran tahun ini, pengunjung Lokawisata Baturraden meningkat hingga 100% lebih dibanding hari libur biasa. Pada hari Jumat (12/4/2024) misalnya, kunjungan ke Lokawisata Baturraden mencapai 6.670 wisatawan dan pada Lebaran ke dua, Kamis (11/4/2024), tingkat kunjungan mencapai 5.044 orang.

Pada hari weekend biasa, kunjungan ke Lokawisata Baturraden hanya mencapai kisaran 2.000 pengunjung. Sehingga kenaikan kunjungan wisatawan pada libur Lebaran ini mencapai 100% lebih.

Kepala Dinas Pemuda, Orahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Drs Setia Rahendra MSi mengatakan, tingkat kunjungan ke Lokawisata Baturraden diperkirakan masih akan meningkat dalam dua hari terakhir, yaitu hari ini, Sabtu (13/4/2024) dan puncaknya pada Minggu (14/4/2024).

“Hari ini dan besok diperkirakan puncak kunjungan wisata, mengingat hari Senin sudah mulai masuk kerja. Semoga saja cuacanya terang, karena tingkat kunjungan juga dipengaruhi faktor cuaca, terutama cuaca pagi hari”, ucapnya.

Rahendra menjelaskan, pihaknya mentargetkan kunjungan wisata selama libur Lebaran mencapai 120 ribu ke Banyumas. Dengan objek wisata antara lain Lokawisata Baturraden, Taman Botani, Taman Apung Maskemambang dan lainnya.

“Kalau melihat tren kunjungan wisatawan dalam dua hari terkahir kemarin, target kunjungan 120 ribu kemungkinan bisa tercapai. Karena pada Lebaran kedua, dari 7 objek wisata saja, kunjungannya sudah mencapai 9.073 orang dan pada hari ketiga Lebaran meningkat menjadi 12.580 pengunjung”, terangnya.

Parkir dan Pedagang UMKM

Ramainya kunjungan ke kawasan wisata di Banyumas ini, juga berdampak pada pendapatan parkir serta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pada hari kedua Lebaran misalnya, parkir kendaraan di kawasan Baturraden mencapai 2.990 kendaraan dan pada hari ketiga Lebaran, parkir kendaraan meningkat menjadi 4.424 kendaraan.

Dari parkir kendaraan tersebut, diperoleh pendapatan Rp 11.421.000 pada hari kedua Lebaran dan Rp 16.797.000 pada hari ketiga Lebaran. Sedangkan untuk pendapatan tiket wisata pada hari kedua Lebaran mencapai Rp 156.456.000 dan pada hari ketiga Lebaran meningkat hingga Rp 196.130.000.

Pelaku UMKM di kawasan Baturraden juga turut menikmati ramainya kunjungan. Dagangan mereka mulai dari oleh-oleh khas Banyumas, souvenir, makanan dan minuman laris-manis dibeli pengunjung.

Salah satu pedagang, Wati mengatakan, dagangannya selalu habis sejak dua hari terakhir. Ia berjualan makanan dan minuman di kawasan Lokawisata Baturraden sejak pagi hari dan menjelang sore, dagangannya ludes terjual.

“Sudah menambah stok dagangan dan Alhamdulilah habis terus selama dua hari ini. Hari ini juga lebih ramai lagi pembelinya”, ungkapnya. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.