Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Cek Wisata Air, Polresta Banyumas Pastikan Pengelola Wisata Patuhi SOP

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Untuk memastikan wisata air aman bagi pengunjung, Polresta Banyumas melakukan pengecekan langsung ke lokasi wisata air di Dermaga Sungai Serayu, beberapa curug di Kecamatan Cilingok hingga wisata air di Lokawisata Baturraden.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK. MH, melalui Wakapolresta Banyumas AKBP Hendri Yulianto SIK. MH mengatakan, bahwa para pengelola wisata baik air maupun non air, terlebih pengelola wisata air yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, harus selalu mengikuti aturan atau sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

SOP tersebut diantaranya memiliki izin dan uji kelayakan dari instansi terkait. Hal itu diperlukan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan para pengunjung.

“Kami menghimbau kepada pengelola wisata air agar selalu mengikuti SOP seperti punya perizinan dan uji kelayakan dari instansi”, kata Wakapolresta.

Wakapolresta Banyumas juga menghimbau para pengelola wisata air untuk tidak menjalankan usahanya terlebih dahulu sebelum memiliki izin dan SOP yang matang.

“Kalau ada yang tak sesuai SOP, kami menghimbau para pengelola wisata air untuk tidak beroperasi dulu sampai perizinan ada”, tuturnya.

Sudah Diingatkan

Sementara itu, Ketua paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu, Eddy Wahono mengatakan, pendirian Dermaga Serayu Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo sudah dimulai pada tahun 2021 lalu. Namun, sampai saat ini belum dilengkapi keamanan dan uji kelayakan perahu.

“Sebenarnya permasalahan kelengkapan keamanan menggunakan pelampung sudah seringkali diingatkan pada paguyuban masyarakat Kaliwangi, serta melengkapi persyaratan utama adalah kelayakan uji perahu harus dipenuhi”, jelasnya.

Menurutnya, jika terjadi laka air, sementara si pengelola wisata air tersebut belum memiliki izin maka akan berdampak pada wahana wisata lainnya.

“Karena bila sampai terjadi laka sungai sementara semua perijinan belum terpenuhi akan berpengaruh pada wisata-wisata yang lain”, kata Eddy.

Leave A Reply

Your email address will not be published.