Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Khotbah Idul Fitri, Rektor UMP Ajak Jamaah Wujudkan Green Idul Fitri

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Assoc Prof Dr Jebul Suroso kembali menyerukan tentang gerakan go green yang disampaikan dalam khotbah Idul Fitri di Masjid 17 Purwokerto, Rabu (10/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Rektor UMP mengajak jamaah untuk merenungkan peran penting menjaga lingkungan dalam khotbah bertajuk ‘Green Idul Fitri: Manifestasi Rahmatan Lil Alamin di Hari Kemenangan’.

“Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi kaum muslimin yang telah menjalani ibadah bulan Ramadan dengan penuh keimanan. Namun, kebahagiaan ini haruslah disertai dengan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ajaran Islam yang rahmatan lil alamin”, tuturnya.

Dalam khotbahnya, Rektor UMP menyampaikan rasa syukur atas berkah Ramadhan yang telah berlalu dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Ia juga menegaskan bahwa Idul Fitri bukan hanya tentang perayaan keagamaan semata, tetapi juga momen penting untuk merayakan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Rektor UMP juga menyoroti betapa Islam menekankan pentingnya kelestarian lingkungan, mengutip Al-Qur’an dan hadis-hadis yang menegaskan perlunya menjaga alam. Rektor mengajak jamaah untuk mengambil contoh dari Rasulullah SAW dalam menjaga lingkungan sekitar, termasuk dalam menanam pohon sebagai bagian dari amalan yang terus memberikan manfaat atau sodaqoh jariyah.

Green Idul Fitri

Lebih lanjut, Rektor juga mengingatkan agar perayaan Idul Fitri tidak menyebabkan masalah lingkungan, seperti pemborosan makanan dan penggunaan plastik yang berlebihan. Sebagai langkah nyata, Rektor UMP mengajak untuk melakukan gerakan ‘Green Idul Fitri’ dengan menjaga kebersihan, mengurangi penggunaan plastik, dan mengelola sampah dengan baik.

“Marilah kita jalani Idul Fitri dengan penuh khidmat sesuai syariat, berkeadaban, dan ramah lingkungan. Hakikat Idul Fitri adalah kembali kepada fitrah manusia dan kemanusiaan dengan perilaku dan kehidupan yang bersih sebagai ibadah”, tegasnya.

Khotbah ‘Green Idul Fitri’ yang disampaikan Rektor UMP menjadi panggilan untuk umat muslim merayakan Idul Fitri dengan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ibadah dan kemanusiaan.

“Semoga semangat untuk menjaga lingkungan ini tetap terjaga dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari umat muslim”, pungkasnya.

Seruan Rektor UMP terkait go green ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, pada Ramadhan lalu, Rektor sudah mengajak mahasiswa serta para dosen untuk membangun spirit kampus hijau melalui acara ‘Ngaji Bareng dan Bukber Go Green’. Prof Jebul mengajak mahasiswa untuk mulai meninggalkan penggunaan barang-barang yang tidak ramah lingkungan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.