Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Raih Kursi DPRD Jateng, Caleg Demokrat Asal Banyumas ini Siap Mengemban Amanah Rakyat

10 Tahun Demokrat Vakum di Jateng XI

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Partai Demokrat pada Pemilu 2024 ini mengalami kenaikan suara, meskipun tidak terlalu besar. Salah satunya adalah kursi DPRD Jateng XI yang kembali diraih, setelah 10 tahun vakum.

Dr Agus Wijayanto SH.MKn yang berhasil mengembalikan kursi Demokrat. Dari hasil Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai dengan Selasa (20/2/2024), pukul 19.00 WIB, Partai Demokrat mengumpulkan 84.634 suara dan menjadi partai ke-8 dengan perolehan suara terbanyak.

“Saya sangat bersyukur, Demokrat kembali mendapat kepercayaan dari masyarakat Banyumas-Cilacap, sehingga bisa kembali meraih kursi DPRD Jateng XI. Mewakili keluarga besar Partai Demokrat saya ucapkan terima kasih yang teka terhingga atas kepercayaan ini dan siap untuk menjaga Amanah yang diberikan”, tuturnya.

Agus mengatakan, secara umum perolehan suara Demokrat meningkat, baik di Jateng maupun secara nasional. Pelan tapi pasti, Demokrat kembali dipercaya rakyat.

Kenaikan suara ini, lanjutnya, pastinya ada efek dari Pilpres. Ia meyakini, baik SBY maupun AHY ketika menentukan pilihan dukungan, pastinya dengan berbagai pertimbangan yang matang, termasuk salah satunya mempertimbangkan efek terhadap elektoral partai.

“Efek Pilpres sedikit banyak pasti ada, tetapi yang utama adalah kerja keras struktural partai, para relawan dan simpatisan Demokrat”, terang pengacara muda ini.

Rebut Kursi PDI Perjuangan

Dapil Jateng XI memperebutkan 12 kursi. Pada periode 2019-2024, PDI Perjuangan mendapatkan 4 kursi, kemudian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 2 kursi. Selanjutnya Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasdem, masing-masing meraih 1 kursi.

Dan pada Pemilu 2024 berdasarkan Sirekap KPU, sampai dengan Selasa (20/2/2024) pukul 19.00 WIB, berikut perolehan suaranya :

PDI Perjuangan            281.045 suara

PKB                                196.522 suara

Partai Gerindra            193.031 suara

Partai Golkar                 157.251 suara

PAN                                  93.277 suara

Partai Nasdem                89.606 suara

PKS                                   86.125 suara

Partai Demokrat             84.634 suara

PPP                                   75.758 suara

Dengan komposisi perolehan suara tersebut, maka PDI Perjuangan mendapatkan 2 kursi, PKB 2 kursi, Partai Gerindra 2 kursi dan enam partai lainnya masing-masing 1 kursi. Dua kursi PDI Perjuangan direbut oleh Partai Demokrat dan Gerindra.

Leave A Reply

Your email address will not be published.