Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Waspadai Penyakit Pancaroba !

0

METROJATENG.COM, TEMANGGUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran beberapa penyakit yang umumnya meningkat saat pergantian musim atau pancaroba. Seperti demam berdarah, influensa dan diare.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Temanggung, Sarjana mengatakan, perubahan musim seringkali menjadi pemicu meluasnya beberapa jenis penyakit. Sehingga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan diri, sering mencuci tangan, dan menggunakan masker, terutama dalam situasi di mana interaksi sosial tinggi. Di sisi lain juga harus mengonsumsi makanan bergizi dan berserat tinggi, serta beristirahat yang cukup”, terangnya, Jumat (12/1/2024).

Sedang untuk kelompok usia tertentu seperti anak-anak, lansia dan individu dengan kondisi kesehatan khusus yang lebih rentan terserang penyakit flu, juga wajib meningkatkan kewaspadaan. Sarjana mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit flu, khususnya di periode pergantian musim.

“Apalagi kaitan dengan demam berdarah, tentunya lingkungan juga harus bersih, tidak ada sampah, karena salah satu penular dari diare itu biasanya adalah lalat dengan adanya sampah di sekitar lalat. Jadi kemungkinan makanan dihinggapi lalat yang bisa menyebabkan diare. Jaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri”, pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.