Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Ini Dia Tiga Sentra Durian di Banyumas Dengan Ciri Khas Masing-Masing

0

 

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Bagi penggemar buah durian, informasi tentang daerah penghasil durian sangatlah dinanti. Tentu saja selain harganya yang jauh lebih murah dibandingkan di toko, pengunjung juga dimanjakan dengan banyaknya pilihan buah durian dan juga jaminan rasa yang manis.

Berikut tiga daerah penghasil durian yang ada di Kabupaten Banyumas.

Yang pertama dan sangat terkenal sampai ke luar kota adalah desa Alasmalang, Kemranjen, Banyumas, dengan durian lokal kebanggaannya yaitu durian bawor. Daerah ini merupakan salah satu sentra durian terbaik di Indonesia.

Memiliki daging berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit pahit, menjadi ciri khas durian bawor yang tak kalah lezat dengan durian montong. Banyak pelancong dari luar kota, bahkan dari luar pulau jawa pernah berburu durian disini.

Selanjutnya, ada Agrowisata Bulak Barokah yang berada di desa Langgosari, Cilongok, Banyumas. Agrowisata ini dibuka sejak tahun 2016 dengan jumlah sekitar 600 batang pohon durian ditanam disini. Jenis durian bawor dan musang king menjadi primadona di daerah ini. Pengunjung dapat berwisata sambil menikmati lezatnya buah durian yang dipetik langsung dari pohon.

Dan terakhir adalah durian kidang yang dihasilkan dari desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas. Berada di kaki gunung Slamet membuat desa Melung memiliki tanah yang subur dengan aliran air yang lancar. Desa ini memiliki ratusan pohon durian dengan durian kidang sebagai andalan. Durian Melung ini memiliki tekstur yang khas, meski buahnya tidak sebesar durian montong, namun rasa manis dan legitnya patut dicoba.

Selain menikmati lezatnya buah durian, para pengunjung juga dapat membeli bibit buah durian. Berwisata, dapat edukasi tentang cara menanam buah durian dan perawatanya serta menyantap durian  yang dipetik langsung dari pohon, bukankah itu suatu paket lengkap, khususnya bagi kalian para penggemar buah durian. Yuk agendakan destinasi akhir pekan kalian untuk mengunjungi kebun durian di Banyumas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.