Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Agribisnis Unsoed dan Pegadaian Gelar Kuliah Dosen Praktisi

*tentang Layanan Keuangan untuk Industri Pertanian

0

 

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Industri pertanian memegang peran kunci bagi masyarakat Indonesia, stabilitas dan pertumbuhannya sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

Sebagai upaya mendukung sektor ini, Program Studi S1 Agribisnis Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan kuliah dosen praktisi, dengan mengundang Bapak M. Aries Aviani N, Vice President PT. Pegadaian Area Purwokerto untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dengan mahasiswa.

Tema yang diangkat dalam kuliah spesial pada hari ini adalah ‘Financial Service for Agricultural Industry’. Kegiatan ini diadakan dalam kerangka mata kuliah pembiayaan agribisnis, khususnya tentang pentingnya layanan keuangan dalam konteks mendukung perkembangan industri pertanian.

Dalam penyampaianya, Pak Aries memberikan wawasan yang berharga mengenai berbagai aspek tetang fundamental pembiayaan bagi industri pertanian. Beliau menekankan aspek karakter sebagai salah satu hal yang perlu dibangun bagi seorang debitur. Selain itu, praktisi asal Kudus ini juga menyampaikan tentang jenis-jenis kredit, hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mengakses pembiayaan, khususnya terkait persyaratan dan repayment capacity.

Selanjutnya, Vice President PT Pegadaian Area Purwokerto juga menyampaikan peran PT Pegadaian dalam mendorong ekonomi masyarakat dan meningkatkan inklusi keuangan. Sejak berdiri pada tahun 1901, PT Pegadaian memiliki kiprah yang sangat panjang dalam memberikan pelayanan kepada berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Tercatat saat ini terdapat 20,3 juta nasabah PT Pegadaian di seluruh Indonesia yang mengakses berbagai produk layanan dari PT Pegadaian. Beberapa produk layanan PT Pegadaian yang sesuai dengan karakteristik bisnis pertanian antara lain gadai fleksi, kreasi fleksi, KUR dan KUPEDES, dan rahn tasjily tanah.

Pada sesi diskusi, mahasiswa cukup aktif bertanya untuk membahas berbagai topik yang disampaikan oleh Pak Aries. Hal ini menjadi kesempatan berharga untuk mendapatkan insight dari seorang praktisi berpengalaman tentang bagaimana layanan keuangan dapat membantu pertumbuhan dan keberlanjutan industri pertanian

Program Studi S1 Agribisnis berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata. Kuliah dosen praktisi ini adalah contoh nyata bagaimana perguruan tinggi bekerja sama dengan praktisi berpengalaman dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk berbagi wawasan yang relevan dan pemahaman yang mendalam dalam pembiayaan agribisnis.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.