Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Queen City Mall Gandeng NEXA Siapkan Internet Supercepat 1 Gbps dan Integrasi AI

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Kebutuhan internet di era digitali kini bersifat mutlak di semua aspek industri, mulai dari industri teknologi, industri kreatif, hingga industri retail. Internet ibarat menjadi bahan bakar terselenggaranya proses industri, mulai dari pengiriman dan penerimaan data vital, akses terhadap refrensi internasional, riset terhadap pasar, hingga pengelolaan sistem yang diharuskan cepat tanpa ada hambatan.

Melihat krusialnya kebutuhan tersebut, ternyata Indonesia masih terperangkap di urutan bawah dalam hal kecepatan internet rata-rata di dunia. Data dari Speedtest Global Index by Ookla memaparkan, dalam kategori internet mobile, Indonesia berada di urutan ke-96 dari 143 negara di dunia, dan berada di posisi ketiga terbawah di Asia Tenggara dengan rata-rata kecepatan hanya 24.01Mbps. 

Berkaca pada data kecepatan rata-rata internet di Indonesia yang masih rendah,  Queen City Mall menghadirkan internet supercepat dari PT Internet Mulia Untuk Negeri atau NEXA, untuk menunjang produktifitas pekerjaan, serta kenyamanan berbelanja pada customer. 

Jika rata-rata kecepatan internet di Indonesia hanya 24.01Mbps, NEXA hadir dengan kecepatan internet hingga 1Gbps eksklusif di Queen City Mall. Jika dibandingkan, maka kecepatan internet di Queen City Mall 42 kali lebih cepat dari kecepatan internet di Indonesia. 

“Kami mengamati bagaimana Queen City Mall menjadi tolak ukur baru industri retail di Semarang, dengan menjadi mall terbesar di Jawa Tengah, teknologi terbaru dan internet super cepat akan menambah experience berbelanja dari customer. Dalam kerjasama ini, kami memberikan layanan internet dengan infrastruktur jaringan fiber optic eskslusif untuk public area hingga Management Office dari Queen City Mall dengan kecepatan internet hingga 1Gbps, yang artinya 42x lebih cepat dari kecepatan internet rata-rata di Indonesia” ungkap Priyo Suyono, Chief Executive Officer NEXA. 

Selain layanan internet, NEXA sebagai perusahaan Digital Solutions juga mengembangkan fasilitas berbasis AI (Artificial Intelligence), yang memungkinkan Queen City Mall bisa melakukan pemantauan traffic dan gender pengunjung. Data yang didapatkan nantinya akan bisa membantu pihak management Queen City Mall memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

“Dengan adanya support internet super cepat, ditambah teknologi AI (Artificial Intelligence) ini nantinya akan membuat kami menerima data yang lebih cepat, akurat, efektif, dan efisien sehingga kami mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh customer, ini adalah bentuk komitmen kami melayani customer dengan pelayanan terbaik” kata Vonny Tresno Santoso, President Director SRLand.

Kerjasama eksklusif antara NEXA dan Queen City Mall ini akan berjalan selama 10 tahun kedepan, dengan harapan membawa Queen City Mall menjadi menjadi mall dengan internet supercepat pertama di Jawa Tengah, dan menjadi pilihan utama pengunjung di Kota Semarang ataupun Jawa Tengah. 

Untuk mendukung kerjasama eksklusif ini, NEXA juga mengadakan acara “Creative Editing Queen City Mall with Generative AI” yang diselenggarakan pada Minggu, 12 November 2023. Para peserta akan  diajak untuk hunting foto ambience dari Queen City Mall, lalu dipersilahkan untuk eksplorasi editing menggunakan Generative AI. Peserta dengan hasil editing terbaik menurut juri akan mendapatkan hadiah total senilai 3 juta rupiah.

CEO Queen City Mall, Vonny Tresno Santoso menyampaikan rasa syukur karena dapat bekerja sama dengan NEXA yang menjadi provider terbaik di Kota Semarang.

Penyediaan akses WiFi ini lanjutnya, akan melengkapi berbagai fasilitas yang ada di mal kebanggaan warga Semarang.

“NEXA memliki jaringan yang cepat dan baik di Kota Semarang, harapannya menjadi hotspot yang super cepat. Harapannya semoga kerjasama terus berlanjut ke depannya,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, Queen City Mall akan segera dibuka mulai 11 November 2023. Berbagai tenant nasional dan internasional akan ada di mall terbesar di Jateng ini.

“Saat ini sudah ada 50 persen tenant yang mengisi mall. Sampai akhir November ada 55 persen, Desember 60 persen, Januari-Februari 2024 70 persen dan Maret 2024 sudah 85 persen,’’ pungkasnya. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.