Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Patra Jasa Ajak Warga Wonotingal Olah Sampah Menjadi Kerajinan Tangan Daur Ulang

0

METROJATENG.COM, SEMARANG- PT Patra Jasa melalui unit bisnisnya Patra Semarang Hotel & Convention mengajak warga sekitar hotel untuk ikut peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan, sehingga menjadikan tempat tinggal nyaman dan meningkatkan estetika dengan mengelola sampah yang baik dan benar.

Patra Jasa pun memberikan pelatihan kepada warga Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang agar bisa mengolah sampah dengan baik. Tidak hanya itu Patra Jasa juga memberikan bantuan alat dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

General Manager Patra Semarang Hotel & Convention, Endang Lestari Ningsih mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mengurangi sampah dengan memanfaatkannya menjadi hasil karya yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomi. Yang tentunya berdampak pada meningkatnya ekonomi kreatif di lingkungan masyarakat sekitar Patra Semarang.

“Kami menyiapkan program pelatihan pemanfaatan sampah untuk menjadi souvenir daur ulang, Pembangunan Gudang Sampah, serta menyumbangkan Alat untuk pengolahan sampah berupa Mesin Press, Gerinda, dsb. Harapan kami, semoga Kerjasama yang dilakukan dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang kali ini, dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan yang maksimal untuk warga sekitar Hotel,” kata Endang Lestari Ningsih di sela penyerahan CSR, Rabu (13/9/23).

Adapun bantuan TJSL Patra Jasa ini diserahkan secara simbolis kepada Karang Taruna RT 04, RT 07, di wilayah RW 01, Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari. Management menyumbangkan bantuan berupa 1 unit Mesin Press, 1 unit Gerinda dan membangun Gudang sampah.

Sedangkan pelatihan ini, Patra Jasa menggandeng pelaku UMKM dari Deqipas yang beralamatkan di Kinibalu Semarang, peserta diajarkan secara langsung bagaimana membuat souvenir dari botol dan kardus bekas seperti membuat hiasan, vas bunga, dan beberapa souvenir lainnya.

“Melalui pelatihan ini diharapkan warga dapat berkreasi dan menjadi lebih produktif serta berperan dalam meningkatkan ekonomi kreatif di lingkungan Kelurahan Wonotingal,” ujarnya.

Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Lingkungan Hidup menyambut baik program TJSL yang dilaksanakan oleh Patra Semarang Hotel & Convention. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, FX Suranggono.

“Kegiatan ini sangat membantu Pemerintah Kota Semarang dalam mewujudkan Kota Semarang sebagai kota yang bersih dan meningkatkan ekonomi kreatif sehingga Masyarakat Kota Semarang menjadi lebih mandiri dan tingkat kesejahteraan ekonomi mengalami peningkatan,” pungkasnya.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.