Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Ratusan Keluarga Kurang Mampu di Jateng DIY Kini Telah Merasakan Listrik Gratis PLN

*Program Light Up The Dream

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan ke-78, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta memberikan kado terindah berupa penyambungan listrik gratis kepada masyarakat yang belum dapat menikmati aliran listrik dari PLN. Tercatat sebanyak 164 keluarga yang kurang mampu di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mendapat sambungan listrik gratis lewat program bertajuk Light Up The Dream (LUTD), Listrik Untuk Nyalakan Mimpi.

Penyambungan listrik gratis ini dilakukan secara serentak di seluruh Nusantara kepada total 1.450 pelanggan pada Selasa (22/8/2023).

Salah satu penerima bantuan asal Cilacap, Karsono mengaku sangat terharu dan menyatakan bahwa bantuan ini sangat berarti baginya dan keluarga.

“Selama ini saya nyalur dari adik ipar yang kebetulan tetangga. Terima kasih kepada PLN atas sambungan listrik gratis. Semoga bisa kami manfaatkan dengan baik,” tutur pria yang berprofesi sebagai buruh harian lepas ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Sutarliah, seorang buruh serabutan penerima bantuan asal Kabupaten Tegal. Dengan rasa syukur ia mengungkapkan kebahagiaannya atas bantuan listrik gratis yang diberikan oleh PLN.

“Alhamdulillah saya sangat senang sekali atas bantuan ini. Saya sudah 5 tahun tidak memiliki listrik dan saat ini saya mendapatkan listrik. Terima kasih kepada PLN atas bantuan listrik yang diberikan secara gratis. Semoga bermanfaat bagi saya dan keluarga serta semoga kedepannya PLN lebih baik dan sukses selalu,” ungkapnya.

Program LUTD diinisiasi pegawai PLN melalui pengumpulan donasi untuk menjembatani kesenjangan akses listrik bagi kalangan yang kurang mampu. Hal tersebut menjadi wujud nyata dari komitmen dan kekompakan insan PLN dalam mewujudkan energi berkeadilan sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik sehingga mendorong roda perekonomian.

Secara nasional, tahun 2023 ini Program Light Up The Dream telah memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 13.439 pelanggan yang tersebar di seluruh Nusantara.

Pada kesempatan terpisah, Mochamad Soffin Hadi selaku General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat memberikan manfaat dan membuat kehidupan warga menjadi lebih baik dan sejahtera.

“Alhamdulillah program inisiasi dari para karyawan PLN ini bisa terlaksana sehingga dapat mewujudkan mimpi masyarakat yang belum mampu untuk menikmati listrik secara langsung dari PLN. Mudah-mudahan dengan hadirnya listrik membuat anak-anak kita bisa belajar lebih baik, beribadah lebih khusyuk dan mendorong perekonomian keluarga dengan berusaha lebih baik. Semoga program ini dapat terus berlanjut agar memberikan dampak positif dan berkah bagi kita semua,” ucap Soffin.

Melalui momentum perayaan kemerdekaan RI ke-78, program penyambungan listrik gratis ini diharapkan dapat mendukung pembangunan berkelanjutan dengan memberikan akses kepada masyarakat yang selama ini belum bisa menikmati listrik.

“Sejalan dengan semangat perjuangan kemerdekaan kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa. Semoga tindakan mulia ini akan mengilhami lebih banyak pihak untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan yang berdampak positif pada masyarakat,” pungkas Soffin.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.