Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Perbankan Dukung Penyediaan Uang Rupiah Layak Edar dan Akselerasi QRIS di Jawa Tengah

0

 

MMETROJATENG.COM, SEMARANG – Bank Indonesia bersama 50 perbankan di Jawa Tengah melakukan komitmen bersama untuk Mendukung  Penyediaan Uang Rupiah Layak Edar dan Akselerasi Penggunaan QRIS di Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan dalam kegiatan Safari Rupiah di Gedung Bank Indonesia Minggu (5/3/2023.

Hadiri dalam kegiatan tersebut  Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi, yabg mengapresiasi upaya Bank Indonesia dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Jawa Tengah melalui komitmen bersama perbankan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menyampaikan,  BI berkomitmen untuk menyediakan uang layak edar bagi masyarakat, termasuk menjaga kelancaran sistem pembayaran dengan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). BI juga berkomitmen untuk terus memelihara stabilitas nilai Rupiah melalui kebijakan moneter serta makroprudensial. Tentunya hal ini hanya dapat dicapai dengan kolaborasi dan sinergi antara Bank Indonesia dan seluruh perbankan di Jawa Tengah.

Rahmat juga menyampaikan bahwa upaya ini menjadi tanda keseriusan Bank Indonesia dalam memperkuat sistem pembayaran tunai maupun non tunai di Jawa Tengah. Bank Indonesia akan melibatkan berbagai unsur kalangan, termasuk pelajar, tenaga pendidik, dan pekerja dalam edukasi CBP Rupiah dan transaksi melalui QRIS. Rahmat juga berpesan bahwa Rupiah tidak boleh hanya dimaknai sebagai fisik uang di dalam dompet, tetapi juga sebagai alat pembayaran dan katalisator yang mendukung roda perekonomian di Jawa Tengah.

Safari Rupiah yang mengusung tema “Memaknai Perjalanan Rupiah, Katalisator Ekonomi Jawa Tengah” sekaligus menjadi kick off edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah dan QRIS tour de Jateng yang akan dilakukan sepanjang tahun 2023 di seluruh penjuru Jawa Tengah. Setelah dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Safari Rupiah juga dilakukan di Kota Surakarta, Kota Tegal, Kab. Banyumas, dan Kota Yogyakarta.

Sekitar 1.000 masyarakat Kota Semarang sangat antusias mengikuti Perjalanan Rupiah dalam bentuk pameran. Masyarakat bisa secara langsung melihat perjalanan Rupiah dari masa ke masa. Di akhir perjalanan, masyarakat juga dapat merasakan pengalaman melakukan praktik bertransaksi non tunai melalui QRIS dengan tebus murah minyak goreng / produkUMKM / merchandise / kupon doorprize.

Sementara itu Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang, Nana Storada Dwi Martiadi, menyampaikan pesan Walikota yang mengharapkan masyarakat, khususnya di Kota Semarang, terus mencintai Rupiah dan menggunakan QRIS sebagai kanal pembayaran sehari-hari. Walikota juga mengingatkan masyarakat untuk bijak berbelanja, khususnya menjelang dan selama bulan ramadhan. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.