Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Telkom Luncurkan Platform Metaverse New Istiqlal

Ekosistem MetaNesia Memungkinkan Masyarakat Seluruh Indonesia Dapat Melakukan Kunjungan Setiap Waktu

0

METROJATENG.CIM,JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren Metaverse yang semakin meningkat, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui metaNesia, platform metaverse pertama di Indonesia, meluncurkan dunia virtual Masjid Istiqlal yakni Istiqlalverse. Platform dunia virtual Masjid Istiqlal diharapkan dapat menciptakan experience baru bagi publik atau masyarakat yang ingin berkenalan dengan dunia Metaverse seraya menyaksikan keindahan Masjid Istiqlal. Peluncuran Istiqlalverse bertepatan dengan hari perayaan ulang tahun Masjid Istiqlal ke-45 yang diresmikan oleh Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid dan Direktur Utama Istiqlal Global Fund (IGF) Mulyono Lodji, serta disaksikan juga oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A, pada Rabu (22/2).

Telkom melalui metaNesia hadir untuk memperkenalkan teknologi dunia virtual yang perlahan mulai masuk ke dalam aktivitas sehari-hari manusia. Untuk itu, kolaborasi antara Telkom dan Masjid Istiqlal juga merupakan solusi bagi masyarakat dari seluruh daerah Indonesia yang belum memiliki kesempatan berkunjung secara langsung ke lokasi untuk dapat melakukan kunjungan secara virtual.

Pada kesempatan ini, Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid menyampaikan bahwa, “metaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia dengan tujuan mulia untuk mulai memperkenalkan ekosistem metaverse dengan teknologi canggih di Indonesia. Kehadiran New Istiqlal di dalam ekosistem metaNesia diharapkan bisa menjadi media baru bagi pengunjung untuk bisa berinteraksi di dalam masjid virtual Istiqlal dengan lebih interaktif dan imersif, serta mendapatkan beragam pandangan dan informasi baru terkait Masjid Istiqlal,” ujar Fajrin.

Metaverse tumbuh menjadi tren baru di seluruh dunia pada akhir tahun 2021 dengan teknologi yang semakin dikembangkan dan pengguna yang terus bertumbuh. Sebagai penyedia ekosistem Metaverse terbesar di Indonesia, metaNesia yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan secara gratis tanpa perangkat VR. Pengguna dapat mengakses metaNesia melalui gawai yang dimiliki seperti smartphone, tablet, dan laptop.

Menyambut baik peluncuran Istiqlalverse, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A, mengatakan, “Masjid Istiqlal merupakan satu-satunya masjid di Indonesia yang pertama kali hadir dan masuk ke dalam metaverse. Dengan teknologi canggih yang digunakan pada Istiqlalverse, pengguna dapat mengakses dunia virtual ini dari manapun hanya dengan handphone, dan mengetahui berbagai informasi menarik serta mempelajari bangunan Masjid Istiqlal dengan lebih seksama.”

Pada peluncurannya yang bertepatan dengan ulang tahun Masjid Istiqlal, Direktur Utama IGF sekaligus ketua panitia Mulyono Lodji, mengatakan, “Ulang tahun Masjid Istiqlal yang ke-45 ini mengusung tema “New Istiqlal, Keberagamaan Inklusif untuk Indonesia Hebat” selaras dengan misi Masjid Istiqlal untuk menyebarkan dakwah kepada masyarakat dan dunia, yang kemudian didukung dengan kehadiran masjid virtual Istiqlal di dalam Istiqlalverse melalui metaNesia. Tujuan dari rangkaian kegiatan Milad 45 Masjid Istiqlal juga untuk memberikan dan menginformasikan kepada masyarakat bahwa Masjid Istiqlal sudah dibuka secara umum pasca pandemi dan siap melayani umat dalam era New Istiqlal,” tutup Mulyono. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.