Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Astra Motor Jateng Kolaborasi Bareng Kemenhub Gelar Kampanye Keselamatan Jalan

*Untuk Anak SMA/SMK Sederajat

0 141

METROJATENG.COM, TEGAL – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah dan Kementerian Perhubungan bekerjasama dalam salah satu program Indonesian Youth Road Safety Warriors yang diadakan Indonesian Road Safety Partnership. Kegiatan ini berisi Kampanye keselamatan Jalan untuk SMA/SMK Sederajat yang dilakukan oleh Pejuang Muda Keselamatan Jalan.

Pejuang Muda Keselamatan Jalan ini terdiri dari Taruna dan Taruni dari Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan terletak di Kota Tegal yang merupakan sekolah ikatan dinas Kementerian Perhubungan, khususnya dari program studi DIV Rekayasa Sistem Transportasi Jalan yang tergabung sebanyak 30 orang.

Sebelumnya, mereka mengikuti Training Safety Riding di AHM Safety Riding & Training Center di AHM PARK Greenland International Industial Center (GIIC) Deltamas Bekasi selama 4 hari berturut – turut untuk pelatihan kompetensi berkendara yang baik dan aman demi mengantisipasi resiko perjalanan dari aspek manusia, kendaraan, serta lingkungan.

Setelahnya, 30 Pejuang Muda Keselamatan Jalan yang terdiri dari 11 Taruna Wanita dan 19 Taruna Pria tersebut melakukan praktek langsung mengajar teori dan praktek sebanyak lebih dari 900 orang siswa SMA/SMK dikota Tegal yang dilaksanakan pada tangal 26 – 28 Oktober 2022 di SMK Negeri 3 Tegal, SMA Negeri 2 Tegal, dan SMA Negeri 3 Slawi.

Siswa dan siswi sekolah sangat antusias dan merespon baik penyampaian materi teori dan praktek oleh Taruna dan Taruni. Diawali dengan mempelajari faktor kecelakaan, sensivitas bahaya, praktek berboncengan hingga memeriksa kendaraan. Keseluruhan ada 10 materi yang harus disampaikan ditambahkan pre test dan post test untuk mengetahui efektifitas edukasi yang dilakukan oleh Taruna Taruni dari PKTJ (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan).

Tri Susila Hidayati, S.Pd., M.Si selaku dosen dan Anggota Senat Komisi C Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan sebagai Sekolah Ikatan Dinas dibawah Kementrian Perhubungan menyampaikan apresiasi dan kegembiraannya dengan peforma anak didik dalam kegiatan tersebut.

“Ini adalah bentuk pengabdian dari Taruna – Taruni kami sebagai Pemuda Bangsa Indonesia dalam bersatu membangun Bangsa melalui kampanye keselamatan transportasi jalan agar generasi muda sadar akan pentingnya keselamatan berkendara,” kata Tri Susila Hidayati.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah Oke Desiyanto menyampaikan selalu mendampingi dalam kegiatan tersebut demi mendukung dari segi perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan sekaligus menyediakan fasilitas service kunjung yang bekerjasama dengan dealer Nagamas Motor Tegal untuk kemudahan melakukan pemeliharaan dan pemeriksaan kendaraan sepeda motor agar aman dan dalam kondisi siap digunakan.

“Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah bersama Kementrian Perhubungan melalui Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan memiliki visi yang sama yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang keselamatan transportasi jalan, sehingga kami akan menguatkan kerjasama program diwaktu mendatang,” tutup Oke.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.