Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Sukses Gelar Party Of PR, Prodi Ilmu Komunikasi Meriahkan Awarding Sebagai Penutupan

0 72

METROJATENG.COM, YOGYAKARTA – Party Of PR merupakan acara tahunan Prodi Ilmu Komunikasi yang sudah terselenggara dari tahun 2019. Tema POP tahun ini yaitu “Be A Smart PR, Be A Smart Digital Citizen”. Rangkaian acaranya terdiri dari Campaign Be A Smart Digital Citizen, Mini Bootcamp, POP Competition, dan Awarding sebagai penutupan.

Acara ini dilaksanakan hybrid di Interactive FISHUM dan Convention Hall UIN Sunan Kalijaga. Campaign Be A Smart Digital Citizen sudah terlaksana dari tanggal 15 April-23 Juni 2022 melalui instagram. Mini Bootcamp yang merupakan Webinar selama 2 hari dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juni 2022 melalui zoom. Kemudian POP Competition yang merupakan mata lomba yang diikuti oleh berbagai Mahasiswa dari seluruh Indonesia. Serta Awarding pada tanggal 28 Juni 2022 yang di gelar spektakuler dengan mengundang NWS (Neo Wedding Singer) sebagai Hiburan.

Webinar di hari pertama sesi 1 mengangkat tema “Innovation and Collaboration PR In Digital Era” yang dilaksanakan melalui kanal zoom dimulai pada pukul 09.00-15.00 yang diikuti oleh 158 peserta. Sesi 1 disampaikan oleh Steve Saerang, BPP Perhumas Indonesia. Beliau menjelaskan 9 New Skill Need For The Future. Webinar sesi 2 mengangkat tema “Maneuvering Public Relations to Break the Crisis and Creating Innovation in Digital era” yang diisi oleh Rian M. Yusuf, Business Development, Digital and Marketing Advisor at Nexus RSMC dan Dr Rama Kertamukti, Sos., M.Sn yang merupakan Kaprodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Menurut Rian M. Yusuf terdapat 4 Kemampuan PR Dalam menghadapi crisis perusahaan. Dr Rama Kertamukti, Sos., M.Sn menyampaikan materi berupa pesan dan konten yang berada di sosial media merupakan hasil berfikir dari seorang Public Relations. Kesimpulan dari materi beliau yaitu, “percakapan di media sosial bisa memberikan Informasi bagi para PR 5.0 dalam melihat pemikiran, like/dislike, personality bahkan mood dari para entitas yang kita pelajari. Be Smart Listener on Social Media.”

Webinar di hari kedua sesi 1 mengangkat tema “Understanding The Trend and Be A Creative Creator” yang dilaksanakan pada pukul 10.00-16.00 WIB yang diikuti oleh 222 peserta. Sesi 1 disampaikan oleh Andovi Da Lopez, Chief Creative Officer Narasi tv. Andovi menceritakan perjalanannya di dunia Youtuber yang mengantarkan nama besarnya. Kemudian tips menjadi diri sendiri dan pesan untuk kita semua agar memiliki rasa nasionaslisme yang tinggi.

Webinar sesi 2 mengangkat tema “Improve The Skills Of Public Speaking As Public Relations In Digital Era” yang disampaikan oleh Anti Albaqiatus Sholihat, Penyiar Radio Baladeka FM dan Teuku Daffa, Business Improvment Manager @Halodoc. 2 pembicara ini menyampaikan materi berupa tips berbicara yang lancar dan percaya diri.

Webinar hari kedua di tutup dengan POP Talks. Membincangkan Komunitas Public Relations dari 4 kampus, yaitu : Komunitas PRO UIN SUKA, Komunitas Premiere UGM, Cyber PR Ikom UPN Veteran Jatim dan Komunitas Public Relations UAJY.

Sebagai penutupan Rangkaian Party Of PR, terdapat awarding yang sangat meriah. Di gelar secara Hybrid di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga yang diikuti oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019-2021. Tidak hanya di hadiri mahasiswa Ilmu Komunikasi, awarding juga di hadiri oleh pejabat fakultas seperti dosen dan wakil dekan. Penutupan Party Of PR yang di tutup oleh Dr Badrun Alaena,M.Si di tandai dengan penyalaan Converti yang meriah. Convention Hall disulap menjadi panggung yang spektakuler dengan dihiasi gemerlap lampu di kanan kiri dan Smoke Party berupa asap dari panggung. Awarding kemarin layaknya konser musik.

Terdapat pembacaaan nominasi dari kategori pemenang lomba terbaik. Pembacaan nominasi tak kalah bagus seperti acara penghargaan di televisi. Terdapat iringan back song dari NWS ketika membacakan nominasi. Juara I PR Campaign diraih oleh tim Senoparty UNPAD, Juara I Voice Over diraih oleh Tiara Pramudhita dari UIN Walisongo Semarang, Juara I News Presenter diraih oleh Annisa Rahayu dari UIN Sunan Kalijaga dan Juara I Management Issue diraih oleh tim Sansa UIN Sunan Kalijaga.

Sebagai hiburan, NWS menyanyikan 6 lagu yang sangat apik yaitu : Kangen (Dewa 19), Seandainya (Vierra), Biarlah (Nidji), Fix You (Coldplay), Melompat Lebih Tinggi (Sheila On 7) dan C.H.R.I.S.Y.E (Diskoria).

Mahasiswa Ilmu Komunikasi beserta panitia bernyanyi bersama untuk merayakan puncak event Party Of PR secara suka cita dan bergelora. Vokalis NWS membawakan lagu dengan semangat. Penonton sangat antusias menikmati lagu yang dinyanyikan. Mereka maju kedepan menikmati irama musik dengan ekspresif. Aura bahagia menghiasi wajah mereka karena telah sukses menyeleggarakan rangkaian Party Of Public Relations tahun 2022. Awarding di tutup dengan foto bersama di Panggung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga.(dwi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.