Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

PLN Raih Akreditasi ISO 17025:2017 Berkat Keandalan Trafo

0

METROJATENG.COM, BANDUNG– PT PLN (Persero) terus berupaya dalam meningkatkan keandalan penyaluran tenaga listrik, khususnya di sisi transmisi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjamin serta meningkatkan kualitas hasil pengujian minyak trafo melalui Akreditasi ISO 17025:2017. Dengan hasil pengujian minyak trafo yang akurat, kegiatan predictive maintenance pada aset trafo PLN UIT JBT dapat dijamin kualitasnya.

Akreditasi ISO 17025:2017 tersebut berhasil diraih oleh laboratorium pengujian minyak isolasi trafo PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah yang meliputi 3 Laboratorium yaitu Laboratorium UPT Bandung, UPT Cirebon dan UPT Semarang pada Mei 2022 lalu pada ruang lingkup pengujian bilangan asam.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, bahwa pengujian minyak isolasi trafo dapat memberikan gambaran bagaimana kondisi yang ada didalam trafo tersebut. Apabila terdapat indikasi gangguan atau permasalahan pada trafo, PLN akan segera melakukan pengujian minyak untuk mengetahui kondisi trafo tersebut dan menindaklanjuti sesuai hasil analisa. Oleh karena itu, tingkat akurasi dari hasil pengujian minyak trafo akan sangat berdampak terhadap keputusan yang diambil manajemen. Sehingga, dalam hal ini diperlukan standarisasi tata kelola laboratorium pengujian minyak untuk memberikan data yang valid melalui akreditasi terhadap ISO 17025:2017.

“Akreditasi ISO 17025:2015 ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa hasil uji minyak trafo melalui laboratorium PLN UIT JBT memiliki validitas yang tinggi, sehingga kami bisa menyediakan informasi yang akurat terhadap kondisi trafo itu sendiri” terang Tejo.

Lebih lanjut, dipilihnya parameter pengujian bilangan asam menjadi pilot project set up ISO 17025:2017 dilingkungan PLN UIT JBT karena secara fungsi pengujian, bilangan asam memiliki fungsi kritikal dalam mengetahui tingkat penuaan dari minyak isolasi trafo yang dilakukan secara rutin setiap tahun.

Kedepan, untuk semakin meningkatkan kualitas laboratorium pengujian minyak isolasi, PLN UIT JBT secara bertahap, akan melakukan Set Up Akreditasi ISO 17025:2017 terhadap parameter pengujian lain seperti DGA, Furan, kadar air, tegangan tembus, dan lain sebagainya.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.