Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pengurangan Emisi Karbon, PLN Nyalakan PLTS Atap PT Sido Muncul

0 106

METROJATENG.COM, SEMARANG – Sebagai wujud berkomitmen terhadap penyediaan energi baru terbarukan (EBT), PLN siap menyambut listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul.

Sebelumnya PLN bersama dengan Sido Muncul melakukan pemasangan dan penyalaan kWh Ekspor Impor di Pabrik Sido Muncul Jalan Soekarno Hatta Km 28, Bergas, Kabupaten Semarang pada Senin, (30/5).

PLTS Atap yang dinyalakan sebelumnya telah disepakati tersambung ‘on grid’ sebesar 1.040 kilo Watt peak (kWp) atau maksimal 15% dari daya tersambung Sido Muncul yaitu 6.930 kVA

Manager PLN UP3 Salatiga, Arif Rohmatin yang turut hadir dalam peresmian PLTS Atap tersebut menyampaikan, penyalaan dilakukan setelah semua persyaratan teknis dan administrasi telah dipenuhi.

“Salah satu diantaranya adalah SOP (Standard Operation Procedure) Pengoperasian PLTS yang telah disepakati bersama dari pihak PLN dan Sido Muncul untuk monitoring hariannya,” ujar Arif.

Harapannya dengan adanya PLTS Atap dapat memberikan ‘added value’ yang positif bagi Sido Muncul.

Sebagai wujud dukungan terhadap pengurangan emisi karbon, PLN juga menawarkan opsi lain bagi pelanggan yang berkomitmen terhadap penyediaan energi yang bersih dan ramah lingkungan, yaitu melalui fasilitas ‘Renewable Energy Certificate’ (REC).

“Kami memahami kebutuhan pelanggan akan penggunaan energi yang ramah lingkungan, untuk itu PLN menawarkan fasilitas REC sebagai solusi yang lebih mudah tanpa harus mengeluarkan investasi tinggi untuk membangun pembangkit sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, ‘Factory Head’ PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Wahyu Widayani menyambut baik kerja sama antara PLN dengan Sido Muncul.

“Terima kasih kepada PLN yang telah memberikan kesempatan kepada PT Sidomuncul untuk menginisiasi pembangkit dengan memanfaatkan energi surya,” ujar Wahyu.

Ia berharap dengan adanya PLTS Atap ini akan menjadi hal yang baik kedepannya bagi Sido Muncul.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.