Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Ajang MotoGP di Mandalika Resmi Disebut Pertamina Grand Prix of Indonesia

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Pertamina kembali berkontribusi untuk negeri dengan memberikan  dukungan penuh pada event MotoGP Mandalika, yang secara resmi penyebutannya menjadi  “Pertamina Grand Prix of Indonesia”. Kiprah ini sejalan arahan Presiden Joko Widodo dalam  rangka pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya  Mandalika Nusa Tenggara Barat dan dan upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional  melalui event International MotorSport ke Indonesia. Mewujudkan langkah tersebut, Pertamina menandatangani perjanjian kerjasama dengan  Dorna Sports. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Pertamina,  Nicke Widyawati dan Managing Director Dorna Sports, S.L, Carlos Ezpeleta (secara online)  dan disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Rabu 9 Februari 2022.  

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sambutannya menyampaikan Presiden Joko Widodo sejak  awal mendorong event internasional di Indonesia antara lain seperti Asian Games dan World  Superbike yang telah sukses diselenggarakan. Menteri BUMN berterima kasih atas  keseriusan yang dilakukan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan ITDC. 

“Tentu apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertamina yang memang sekarang kita terus  dorong sebagai perusahaan global. Kita punya target pertamina mempunyai valuasi yang  sangat besar 100 miliar dollar,”ujar Erick. 

Pada kesempatan yang sama, Nicke Widyawati mengungkapkan dukungan penuh Pertamina  dalam menghadirkan “Pertamina Mandalika International Street Circuit” dan ajang balap  “Pertamina Grand Prix of Indonesia” diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi  nasional, meningkatkan potensi pariwisata, serta memajukan ekosistem olahraga motorsport  di Indonesia. 

“Semoga kehadiran sinergi BUMN ini memberikan multiplier effect dan menjadi bagian dari  pemulihan ekonomi Nasional, sekaligus menjadi peluang penetrasi pasar global yang luas  bagi Pertamina, produk-produk BUMN maupun UMKM yang berada di Mandalika maupun di  daerah lain” ujar NIcke. 

Nicke menuturkan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia ini sudah sangat dirindukan  masyarakat setelah terakhir dilakukan di Indonesia 25 tahun yang lalu dan diharapkan event  ini menjadi momentum kebanggaan bangsa Indonesia dan semangat untuk segera bangkit  pasca pandemi. 

“Dengan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia ini kita dapat memperkuat  nation branding Indonesia sebagai negara yang resilient di tengah krisis pandemi  global,”imbuhnya. 

Carlos Ezpeleta mengatakan sangat gembira dengan masuknya Pertamina sebagai  pendukung utama Grand Prix of Indonesia. Kerjasama ini semakin memperkuat kehadiran  Pertamina dan Indonesia dalam olahraga ini, selain menjadi pendukung utama Sirkuit  Mandalika dan sebelumnya juga mendukung tim SAG Pertamina Mandalika yang berlaga di  Moto2™ World Championship. 

“Dorna Sports dengan bangga mengumumkan kesepakatan kerjasama untuk gelaran  Pertamina Grand Prix of Indonesia. Dan akan memastikan Pertamina, Indonesia dan Pulau  Lombok terdepan dan menjadi pusat perhatian di panggung internasional.,” kata Carlos. 

Pada kesempatan yang sama Abdulbar M. Mansoer, Direktur Utama PT Pengembangan  Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku  BUMN pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Sirkuit Mandalika yang  memegang lisensi penyelenggaraan MotoGP di Indonesia menyampaikan kesiapannya  menjadi tuan rumah Pertamina Grand Prix of Indonesia.  

“Kami sangat bergembira dengan kerjasama antara Dorna Sport dan Pertamina. Hal ini  menunjukkan kolaborasi yang kuat antar BUMN di Indonesia dalam menyukseskan  penyelenggaraan balap motor MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit,” ujarnya. 

Keseruan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia juga dapat dirasakan warga Jakarta di  “Mandalika GP Hub presented by Pertamina”. Berlokasi di oval atrium Epicentrum Walk,  Kuningan, Jakarta, Mandalika GP Hub akan hadir mulai tanggal 10 Februari – 30 Maret 2022  dengan pelayanan dan konten-konten seru diantaranya penjualan tiket, merchandise, games,  dan permainan seru hingga pameran kultur Lombok. 

Untuk kemudahan masyarakat pencinta otomotif, terutama pada olahraga balap motor,  penjualan tiket Pertamina Grand Prix of Indonesia juga bisa diakses masyarakat melalui  aplikasi MyPertamina. Untuk informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui  www.mypertamina.id, sosial media resmi @mypertamina dan @ptpertaminapatraniaga, atau  menghubungi langsung Pertamina Call Center (PCC) 135. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.