Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Perhimpunan Indonesia Tionghoa, Berperan Aktif dalam Kegiatan Sosial

Ini Kiprahya Perhimpunan INTI Jawa Tengah Selama Pandemi

0 287

METROJATENG.COM, SEMARANG – Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) adalah sebuah organisasi kebangsaan tingkat nasional yang berbasis ketionghoaan, kemanusiaan dan sosial. Saat ini INTI Jateng  tmemiliki jaringan 16 Pengurus Daerah di setiap Provinsi dan 80 Pengurus Cabang di setiap Kota/Kabupaten di seluruh pelosok tanah air, tujuannya agar aktif berkiprah dan bermanfaat bagi masyarakat umum di daerahnya. 

Ketua Perhimpunan INTI Jateng, Gouw Andy Siswanto, menyampaikan, organisasi yang berdiri pada 10 April 1999 itu, memiliki visi menjadi organisasi maju, modem, bercitra internasional, berorientasi pada kebangsaan Indonesia, menghargai hak asasi manusia, egaliter, pluralis, inklusif, demokratis, dan transparan. Sedangkan  misinya yaitu berperan aktif dalam dinamika proses pembangunan bangsa, antara lain menuju terwujudnya bangsa Indonesia yang kokoh, rukun bersatu dalam keharmonisan, kebinekaan, saling menghargai, dan saling percaya.

 “Kami memiliki AD/ART yang dinamis. Karena hal itu bukanlah sesuatu yang sakral dan tidak boleh diubah, diperbaiki, atau disesuaikan dengan tuntutan zaman. Seperti disahkannya sayap organisasi Generasi Muda INTI dan Perempuan INTI,” katanya. 

Andy Gouw menambahkan, sebagai amanat organisasi, Perhimpunan INTI Jateng berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakat. Kiprah itu bisa dilihat dari aktivitas selama pandemi Covid-19, INTI menyalurkan bantuan APD berupa masker medis, masker kain, face shield, themometer, baju hazmat, Tisu alkohol 75%, hand sanitizer, oxygen concentrator dan lainnya. 

Pandemi -Perhimpunan INTI Jawa Tengah menyalurkan bantuan APD berupa masker medis, masker kain, face shield, themometer, baju hazmat, Tisu alkohol 75%, hand sanitizer, oxygen concentrator dan lainnya. (ist/tya)

 

“Kami sangat peduli kepada tenaga kesehatan di 100 rumah sakit, Puskesmas, dokter dan perawat. Bahkan kegiatan kami tersebut juga menerima anugerah piagam penghargaan MURI,” kata dia.

Di samping itu, kata Andy Gouw, INTI Jateng juga menyalurkan sembako, berbagi kasih berupa nasi kotak, angpao, dan lainnya kepada masyarakat terdampak pandemi maupun bencana alam, seperti banjir. “Kami memiliki program INTI Peduli Negeri, juga membantu fasilitasi vaksinasi kepada masyarakat umum dan vaksinasi Covid-19 Inklusif. Selain itu, memberikan beasiswa, peduli lingkungan dengan gerakan menanam pohon dan masih banyak lagi,” terang dia. 

Menurut Andy Gouw, ke depan INTI harus menghadapi tantangan yang kian kompleks. Ia menyebutkan tantangan tersebut adalah perubahan-perubahan, bagaimana kita beradaptasi dan melakukan inovasi yang diselaraskan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 la menambahkan, Perhimpunan INTI juga akan berkolaborasi menuntaskan agenda penting nasional, di beberapa sektor kedepan INTI akan terus bergerak bersama dengan Panitia Imlek Nasional 2022 memberikan bantuan kepada masyarakat. 

Pada kesempatan ini, segenap Pengurus Daerah dan Relawan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Provinsi Jawa Tengah, mengucapkan Tahun Baru Imlek (Sincia) 2573. (tya)

Rekor MURI – Ketua INTI Jateng Gouw Andy Siswanto menerima Piagam Penghargaan Rekor MURI atas rekor yang diraih sebagai organisasi sosial kemasyarakatan pendonasi masker medis terbanyak.(ist/tya)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.