Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

KAI Daop 5 Purwokerto Hijaukan Kawasan Stasiun

0 211

METROJATENG.COM,  KEBUMEN –  Guna mensuksekkan program BUMN Hijaukan Indonesia, PT KAI Daop 5 Purwokerto melakukan penghijauan di kawasan stasiun-stasiun, dengan menanam pohon Tabebuya dan pohon Ketapang Kencana, serta membuat taman.

Penanaman pohon tersebut dilakukan pada sejumlah stasiun di Kabupaten Kebumen pada Selasa (1/2). Total pohon yang ditanam sebanyak 100, dimana masing-masing stasiun ditanami 25 pohon. Yaitu mulai dari Stasiun Kebumen, Kutoarjo, Slawi dan Prupuk.

President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat yang turun langsung ikut menanam pohon mengatakan, program penanaman pohon ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

“Selain untuk menghijaukan kawasan stasiun, pembuatan taman-taman juga merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api,” jelasnya.

Sebelumnya, gerakan BUMN Hijaukan Indonesia ini telah di launching oleh Direktur Utama PT KAI pada bulan Desember 2021. Saat ini, gerakan BUMN Hijaukan Indonesia ini terus disosialisasikan pada seluruh wilayah Daop, supaya tidak berhenti sebagai satu simbol saja, tetapi diwujudkan dan sekaligus membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan.

Hal tersebut juga seiring dengan program Direktorat Operasi KAI dengan “Green Operation” yaitu menghijaukan lingkungan kerja dengan adanya tanaman-tanaman bunga serta lingkungan stasiun dengan penanaman pohon.

Lebih lanjut Daniel menjelaskan, pihak Daop 5 juga sudah melakukan program penghijauan di kawasan Stasiun Purwokerto, dengan menanam 50 pohon Tabebuya dan Ketapang Kencana. Kemudian 30 pohon Trembesi juga telah di tanam pada beberapa stasiun di wilayah Daop 5. Dukungan KAI pada program BUMN Hijaukan Indonesia ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut, Daniel juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari Dinas Kelautan Kabupaten Kebumen yang telah membantu dengan memberikan 35 pohon jenis Ketapang Kencana, Glodogan Pecut, Tabebuya dan Beringin.

Acara penanaman pohon juga dihadiri Asisten Sekda Kebumen, Nugroho TrI Waluyo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan, Joni Hernawan serta dari dinas pemukiman dan perhubungan.(nng)

Leave A Reply

Your email address will not be published.