Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Deklarasi Koalisi Banyumas Maju, Satukan Lima Partai Parlemen Plus PSI

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Pilkada Banyumas semakin menghangat dengan munculnya deklarasi Koalisi Banyumas Maju. Dimana Partai Gerindra, PKB, Golkar, Demokrat, Nasdem dan satu partai non parlemen yaitu Partasi Solidaritas Indonesia (PSI) bersepakat untuk mengusung pasangan calon bersama-sama dalam Pilkada Banyumas 2024.

Naskah deklarasi dibacakan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Banyumas, Ir Budiyono. Antara lain menyatakan bersepakat membuka ruang kerjasama dengan partai politik lain untuk bergabung, serta bersepakat untuk bekerjasama mengusung dan memenangkan pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Banyumas 2024. Deklarasi juga mengamanatkan kepada pimpinan partai untuk segera menyampaikan kepada pimpinan di tingkat wilayah maupun pusat, sehingga segera dibahas dan muncul keputusan sesuai dengan mekanisme partai masing-masing.

“Pada hari ini kami dari DPC Gerindra Banyumas, DPC PKB, DPD Golkar, DPC Demokrat, DPD Nasdem serta DPD PSI menyatakan sepakat berkoalisi, semua ini dalam rangka mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan di Banyumas. Kami telah menyatukan tekad, tujuan dan langkah perjuangan dengan membentuk kerjasama politik, sebagai bentuk tanggung jawab agar terjadi percepatan pembangunan yang merata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Banyumas”, ucap Budiyono saat membacakan naskah deklarasi, Rabu (10/7/2024).

Caption Foto : Para ketua partai yang tergabung dalam Koalisi Banyumas Maju berziarah ke makam kakek Prabowo Subianto di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Rabu (10/7/2024). (Foto : Hermiana)

 

Tanggalkan Ego

Usai deklarasi Budiyono menyatakan, saat memutuskan untuk berkoalisi, 6 partai sudah sepakat untuk menanggalkan semua ego partai. Dan semangat yang terbangun adalah untuk bekerjasama mengusung pasangan calon terbaik demi kemajuan Banyumas.

“Sebagaimana tausyiah dari Pak Kyai tadi, maka kita jangan sampai tercerai-berai, semua harus kompak, menanggalkan ego masing-masing, membangun kebersamaan demi Banyumas yang lebih baik”, ucapnya.

Ketua DPC PKB Banyumas, Ahmad Darisun menyampaikan, deklarasi ini diawali dengan ziarah ke makam kakek Prabowo dan bupati pertama Banyumas, Djoko Kaiman, dengan maksud agar jadi keberkahan untuk langkah koalisi ke depannya.

“Untuk saat ini kita bersepakat untuk koalisi, belum sampai pada pembahasan bakal calon yang akan diusung. Namun, langkah koalisi sudah dilaporkan dan diketahui oleh masing-masing DPW ataupun DPD partai. Dan PKB bergabung dalam koalisi ini, karena memang PKB tidak bisa mengusung calon sendiri”, terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Banyumas, Arief Dwi Kusuma Wardhana yang menegaskan bahwa butuh kerja keras untuk menjaga koalisi ke depan, supaya tidak tercerai berai. Dan pihaknya juga sangat terbuka kepada partai lain, jika ingin bergabung.

Ketua DPC Partai Demokrat Banyumas, Iwan Supriyanto menyampaikan, bahwa semua hal yang didasari dengan niat baik dan tulus, akan mendapatkan kemudahan jalan. Termasuk dalam koalisi Banyumas Maju, dimana spirit yang dibangun adalah kebersamaan dan keinginan untuk membuat Banyumas lebih maju.

“Selama dilandasi niat baik dan tulus, ke depan akan bisa kompak sampai dengan pilkada 2024”, tuturnya.

Caption Foto : Pertunjukan lengger mengalami acara deklarasi Koalisi Banyumas Maju, Rabu (10/7/2024). (Foto : Hermiana)

 

Bertempat di sanggar seni budaya, Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, acara deklarasi diawal dengan berziarah ke makam kakek Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan bupati pertama Banyumas, Djoko Kaiman. Enam ketua partai kompak berziarah dan berdoa bersama. Selanjutnya, pertunjukan lengger mengawali deklarasi.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.