Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Polda Jateng Sembelih 176 Ekor Sapi dan 215 Kambing

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Polda Jateng dan jajarannya menyembelih total 176 ekor sapi dan 215 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun ini.

Bertemakan ‘Idul Adha Meneguhkan Nilai Kepatuhan dan Semangat Pengabdian Polri Guna Mewujudkan Kamtibmas Menuju Indonesia Maju’, rangkaian kegiatan Idul Adha Polda Jateng diawali dengan Sholat Ied yang dilaksanakan pada hari Senin, (17/6/2024) pukul 06.30 WIB di Lapangan Mako Satbrimob Polda Jateng.

Bertindak selaku imam dan khotib dalam kegiatan Sholat Idul Adha, guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Kota Semarang, KH. Prof. Dr. Nur Khoirin YD. M.Ag. Dalam ceramahnya, Prof Nur Khoirin menyampaikan tentang menemukan iman yang sejati, mempertahankan iman saat diuji dan pengorbanan demi mengokohkan iman itu sendiri.

“Iman tidak datang secara tiba-tiba, namun melalui proses yang panjang dan bersungguh sungguh serta penuh pengorbanan”, tuturnya.

Penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan, lanjutnya, hanyalah simbolis. Makna sejatinya adalah bentuk kesediaan untuk siap berkorban, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim.

Usai Salat Ied, dilanjutkan dengan proses penyembelihan hewan kurban. Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol Yohanes Ragil selaku Ketua Panitia Kurban Tingkat Polda Jateng mengatakan, peringatan Idul Adha tahun ini dilaksanakan serentak di 35 Polres jajaran. Di tingkat Satker Mapolda sendiri terkumpul hewan kurban berupa 15 ekor sapi dan 17 ekor kambing yang akan disembelih di Mako Satbrimob.

“Untuk jajaran Polda Jateng secara keseluruhan melakukan penyembelihan terhadap 176 ekor sapi dan kerbau dan 215 ekor kambing yang proses penyembelihan dan distribusinya tersebar di seluruh polres jajaran Polda Jateng”, jelasnya.

Untuk distribusi daging kurban akan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB – 16.00 WIB, kepada warga masyarakat di sekitar mako, PHL di lingkungan Satker Mapolda, sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan serta lembaga sosial lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.