Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Ini Sosok Ilham Habibie, Cagub Jabar yang Diusung Nasdem

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – DPP Partai Nasdem telah mendeklarasikan untuk mengusung Ilham Akbar Habibie dalam Pigub Jabar 2024. Meskipun merupakan anak mantan Presiden BJ Habibie, namun nama Ilham belum banyak dikenal.

Sebagaimana sang ayah, Ilham juga mendalami teknologi, ia merupakan pakar penerbangan Indonesia. Putra sulung BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie ini melalui PT Regio Aviasi Industri, membidani program Regio Prop, yang merupakan proyek pesawat komersial buatan dalam negeri, pengembangan dari N-250.

Bersama dengan mantan direktur utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Erry Firmansyah, Ilham membangun perusahaan PT Regio Aviasi Industri (RAI). Lelaki kelahiran 16 Mei 1963 ini berusaha keras untuk mewujudkan impian sang ayah, agar Indonesia membuat pesawat sendiri.

Ilham lahir dan besar di Jerman Barat, hampir 31 tahun lamanya ia menerap di Jerman. Ilham memulai sekolah di Elementary School Windmuehlenweg, kemudian ke High School Hochrad dan akhirnya melanjutkan pendidikan pada Technical University of Munich, Jerman.

Selesai study, Ilham memulai karir sebadai direktur marketing PT Dirgantara Indonesia, yang merupakan perusahaan aerospace di Asia, bergerak di bidang desain dan pengembangan pesawat, pembuatan struktur pesawat, produksi pesawat dan layanan pesawat untuk sipil dan militer dari pesawat ringan dan menengah.

Suami dari Insana Abdul Adjid ini juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama yang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Ilthabi Rekatama, bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan etnofarmasi melalui pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman tanaman obat Indonesia untuk diolah menjadi produk herbal, baik obat, pangan fungsional dan sejenisnya.

Pengalaman organisasi Ilham juga tidak jauh dari dunia keilmuan, ia pernah menjadi ketua presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia pada tahun 2010-2015, kemudiana menjadi ketua umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) selama dua periode mulai tahun 2012-2023.

Bakal calon gubernur Jabar ini juga pernah mendapatkan penghargaan Satyalencana Wira Karya, yang merupakan tanda kehormatan dari pemerintah kepada warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.