Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pendaftaran Ditutup, Pilwalkot Semarang 2024 Tanpa Calon Independen

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Hingga batas akhir penutupan pendaftaran calon independent dalam Pilwalkot Semarang 2024, tidak ada satupun calon yang mendaftar. Sehingga dipastikan Pilwalkot Semarang 2024 berlangsung tanpa calon independent.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, penutupan pendaftaran calon independent dibuka mulai tanggal 8 Mei lalu dan ditutup pada Minggu (12/5/2024) pukul 23.59 WIB. Dan hingga batas akhir waktu pendaftaran, tidak ada calon independent yang mendaftar.

“Belum ada pendaftar Pilwalkot dari jalur independent dan saat ini pendafatran sudah ditutup, sehingga dipastikan Pilwakot Semarang 2024, tanpa calon independent”, terangnya.

Henry menyatakan, pihaknya menghormati pilihan dari warga Kota Semarang yang belum memanfaatkan peluang dari pencalonan independen. Menurutnya, sejauh ini memang belum pernah ada calon independent yang turut maju dalam Pilwalkot Semarang.

Selain syarat minimal dukungan yang harus dipenuhi, calon independent juga mempunyai beban bekerja sendiri untuk pemenangannya. Berbeda dengan pencalonan jalur partai politik yang notabene bisa menggunakan jalur partai untuk pemenangan.

“Untuk persyaratan dukungan bagi calon independent di Pilwalkot Semarang sampai 80.579 KTP, mungkin dirasa berat. Sedang jika melalui jalur partai hanya butuh minimal 10 kursi atau 25 persen dari kursi di DPRD Kota Semarang”, ucapnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.