Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Langgar Wilayah Tempur, Satu Caleg Jadi PDI Perjuangan Banyumas Diganti

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Pada Pemilu Legislatif 2024, DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng) menerapkan sistem komandan te dengan pembagian wilayah tempur yang wajib dipatuhi. Aturan tersebut berlaku untuk seluruh caleg DPRD kabupaten/kota dan caleg DPRD Provinsi Jateng. Satu caleg di Banyumas diketahui melanggar aturan tersebut, sehingga akan dilakukan pergantian.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyumas, Arie Suprapto mengatakan, satu kasus pelanggaran wilayah tempur terjadi di Dapil Banyumas 3. Secara aturan KPU, caleg yang lolos adalah Kartika Dewi Wulandari Smd.KL. Namun, secara aturan internal partai, caleg Ofan Sofian S.Sos lebih banyak mendapatkan suara di wilayah tempurnya.

“Aturan wilayah tempur ini produk DPD PDI Perjuangan Jateng dan harus dipatuhi. Aturan juga sudah disosialisasikan jauh hari sewaktu mulai proses pencalonan, semua komandan te sudah menandatangani pakta integritas, termasuk siap untuk mundur jika melanggar”, jelasnya.

Surat kesediaan untuk mundur sudah dipersiapkan oleh DPC PDI Perjuangan Banyumas. Tinggal ditandatangani oleh caleg yang bersangkutan. Sejauh ini, menurut Arie, tidak ada protes, sebab aturan partai sudah jelas dan sudah disosialisasikan lama. Para komandan te juga sudah memahaminya.

“Yang bersangkutan sempat meminta kebijaksaan DPC, tetapi aturan tersebut adalah produk DPD, sehingga DPC tidak mempunyai kewenangan”, tegasnya.

Sementara itu, terkait mekanisme pergantian, Arie menjelaskan, sebelum KPU Banyumas melakukan rapat pleno penetapan calon terpilih, surat pengunduran diri akan diserahkan DPC PDI Perjuangan Banyumas ke KPU. Sehingga saat pelantikan, sudah langsung calon terpilih versi DPC PDI Perjuangan yang akan dilantik.

“Ini peringatan bagi para komandan te, karena aturan partai dibuat untuk ditaati, bukan untuk dilanggar. Dan strategi tersebut dibuat untuk mendongkrak perolehan suara partai”, kata Arie.

Sebagaimana diketahui DPC PDI Perjuangan Banyumas meraih 17 kursi dalam Pemilu 2024 lalu dan dari 17 caleg yang lolos tersebut, 4 diantaranya merupakan wajah baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.