Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

14.852 Jiwa Terdampak Banjir Demak Masih Mengungsi

0

METROJATENG.COM, DEMAK – Berdasarkan data dari Posko Terpadu Pengendalian Banjir Kabupaten Demak, sampai dengan Sabtu (23/3/2024) malam, tercatat masih sebanyak 14.852 warga mengungsi akibat banjir. Pemkab Demak mengupayakan penanganan serta pemenuhan kebutuhan pengungsi dengan mengoperasikan 25 titik dapur umum.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Agus Nugroho mengatakan, pengungsi terbanyak di Kecamatan Karanganyar, yaitu ada 11.767 orang yang mengungsi, kemudian di Kecamatan Sayung ada 1.597 pengungsi, Kecamatan Wonosalam 36 orang, Kecamatan Karangtengah 50 orang,

“Pengungsi di Kecamatan Demak juga cukup banyak, ada 501 jiwa dan di Kecamatan Gajah ada 891 jiwa”, jelasnya.

Dalam upaya penanganan pengungsi, BPBD Demak telah mendistribusikan logistik ke titik-titik pengungsian, pengiriman air bersih, serta penyedotan air.Tim gabungan telah mengaktifkan pompa dan hingga saat ini lebih dari 30 pompa tersebar di berbagai titik.

“Unit-unit pompa diperbantukan dari beberapa instansi antara lain pompa dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BPBD Kabupaten Jepara, BPBD Kabupaten Kudus, BPBD Kabupaten Semarang, BPBD Kota Surakarta, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) serta pompa milik kita sendiri”, ucapnya.

Debit Air Turun

Sementara itu, aktivasi subkluster psikososial dengan mendirikan tenda psikososial di dua titik yaitu di shelter Spbu Karanganyar dan Sekolah Menengah Kejuruan Ganesa Gajah. Sedangkan untuk penanganan kesehatan pengungsi, selain pengobatan ditempat, tim kesehatan juga keliling melakukan pengobatan ke warga.

Berdasarkan pantuan tim BNPB pantauan debit air di beberapa wilayah Demak Kota turun 10 hingga 20 cm, debit air di beberapa wilayah Kecamatan Karanganyar turun sekitar 20-50 cm. Tanggul Menur Kecamatan Mranggen Jebol kini dalam proses penambahan tanggul. Tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito Desa Ketanjung Kecamatan sudah penutupan tanggul.

Sedangkan wilayah yang masih terdampak banjir adalah Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Sayung, Kecamatan Demak, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Karantengah, Kecamatan Gajah, Kecamatan Mijen dan Kecamatan Bonang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.