Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Benarkah Greenflation Itu Pertanyaan Recehan?

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Dalam sesi tanya jawab cawapres keempat lalu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka  melontarkan pertanyaan tentang cara mengantisipasi greenflation atau inflasi hijau. Pertanyaan tersebut ditolak untuk jawab, karena cawapres Mahfud MD menganggap sebagai pertanyaan recehan. Benarkan greenflation itu recehan?

Greenflation merupakan suatu kondisi kenaikan harga barang dan jasa atau inflasi sebagai konsekuensi dari transisi perekonomian menjadi perekonomian yang lebih ramah lingkungan, yaitu perekomian hijau.

Melansir dari laman European Central Bank, pada masa transisi menuju teknologi hijau, proses produksinya membutuhkan bahan baku logam dan mineral dalam jumlah yang sangat besar. Pada kendaraan listrik misalnya, proses produksinya membutuhkan mineral enam kali lebih banyak dari pada kendaraan bahan bakar minyak. Teknologi ramah lingkungan akan menjadi bagian terbesar dalam permintaan logam dan mineral di masa mendatang.

Besarnya jumlah permintaan dan terbatasnya ketersediaan bahan baku menjadi alasan kenaikan harga komoditas. Perkembangan ini menggambarkan paradoks penting dalam perjuangan melawan perubahan iklim, dimana semakin cepat dan mendesak peralihan menuju perekonomian yang lebih ramah lingkungan, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan dalam jangka pendek.

Rompi Kuning

Dalam debat kemarin, Gibran juga mencontohkan demo rompi kuning yang terjadi di Prancis sebagai imbas dari greenflation. Demo rompi kuning yang dimaksud Gibran adalah, aksi warga Prancis sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Presiden Emmanuel Macron yang kala itu menaikkan pajak bahan bakar, di mana ada kenaikan 5 sen per galon untuk bensin di 2020 dan 2 sen untuk solar. Padahal tingginya biaya hidup di Prancis sudah menjadi beban warga.

Jaket Kuning sendiri diambil dari rompi neon yang wajib dibawa oleh pengemudi di Prancis jika terjadi keadaan darurat di pinggir jalan. Demo yang menuntut pembatalan kenaikkan pajak berdampak terhadap kelangkaan bahan bakar pada saat itu.

Sementara kebijakan tersebut diambil pemerintah Prancis, dengan harapan, adanya kenaikan pajak, masyarakat akan lebih banyak membeli kendaraan minim polusi. Ini seiring dengan upaya menekan pemanasan global.

Dalam debat, Gibran menanyakan langkah-langkah antisipasi greenflation. Benarkah itu pertanyaan recehan? Biar penonton yang menilai, kata Gibran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.