Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

SPBU Undip Meledak, Petugas SPBU dan Polsek Tembalang Gercep Amankan Lokasi

konsumen Lari dan Tidak Ada Korban Jiwa

0

METROJATENG.COM, SEMARANG –Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Undip Tembalang Semarang, Rabu (10/1/24) sekitar pukul 12.00 WIB meledak dan terbakar. Akibat kejadian tersebut konsumen yang tengah melakukan pengisian BBM kaget dan lari.

Kapolsek Tembalang Kompol Wahdah Maulidiawati, mengungkapkan berdasarkan  informasi awal yang dihimpun dari saksi mata, kejadian tersebut bermula dari ledakan dan kebakaran dari bagian belakang SPBU, tempat panel listrik dan genset berada. Saksi langsung melarikan diri ke jalan utama bersama operator SPBU.

“Kurang lebih dua detik kemudian, dispenser/island pump 2, 4, 5, 8, dan 11 meledak. Satpam dan operator SPBU UNDIP berupaya memadamkan sisa api dengan menggunakan alat pemadam api milik SPBU,” tuturnya.

Atas laporan terbuat dengan dibantu Bhabinkamtibmas, satpam SPBU dan operator gabungan berhasil memadamkan api dengan menggunakan alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Selanjutnya petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian bersama Piket Fungsi Polsek Tembalang dan Polsek INAFIS Semarang.

Sepi -Pas terjadinya kebakaran dan ledakan SPBU Undip terlihat sepi dan tidak melayani konsumen untuk sementara waktu. (Tya)

“Tim langsung melakukan pengamankan tempat kejadian perkara dengan memasang garis polisi. Mereka juga telah berkoordinasi dengan Inafis Polrestabes Semarang dan Cabfor Labfor Polda Jateng untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Ledakan tersebut mengakibatkan rusaknya beberapa fasilitas di SPBU tersebut, antara lain tujuh dispenser pompa, satu genset, dan satu ruang panel listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun petugas kebersihan SPBU mengalami luka ringan. Perkiraan kerugian materil kurang lebih Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus lima puluh juta rupiah).

Polrestabes Semarang terus menyelidiki penyebab kebakaran dan ledakan tersebut. Pembaruan lebih lanjut mengenai penyelidikan akan diberikan segera setelah hasil oleh TKP dikeluarkan. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.