Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Hari Pertama Sortir Lipat, KPU Banyumas Temukan 690 Surat Suara Rusak

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mulai melakukan sortir lipat surat suara pada hari Senin (8/1/2024) hingga tanggal 23 Januari mendatang. Pada hari pertama sortir lipat, KPU menemukan sebanyak 690 surat suara dalam kondisi rusak.

Ketua KPU Banyumas, Rofingatun Khasanah mengatakan, surat suara rusak tersebu terdiri dari surat suara DPRD Propinsi Jateng sebanyak 416, surat suara DPRD Kabupate Banyumas dapil 6 sebanyak 248 dan sebanyak 26 surat suara rusak juga ditemukan di Gudang Karangnanas.

“Untuk hari pertama sortir dan lipat surat suara ditemukan ada 690 surat suara yang rusak. Temuan surat suara rusak ini akan terus dihitung, kemudian kita plenokan untuk diajukan kekurangan penyedia melalui KPU Propinsi Jateng dan KPU RI”, terangnya, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut Rofingatun memaparkan, yang termasuk surat suara rusak antara lain, hasil cetak warna surat suara tidak jelas, tidak terbaca dan terdapat banyak noda, kemudian surat suara dalam kondisi kusut dan sobek, serta warna penanda surat suara tidak sesuai dengan jenis pemilu. Surat suara juga dikategorikan rusak jika nama dan logo partai politik tidak lengkap atau tidak jelas, logo KPU tidak jelas, terdapat lubang pada kolom nomor urut atau kolom foto atau kolom nama calon, foto calon buram, serta warna lambang partai tidak sesuai dengan keputusan KPU.

Namun, lanjutnya, ada juga surta suara cacat tetapi masih bisa digunakan. Diantaranya jika terdapat noda ciprat tinta garis tepi yang terpotong, selama foto, nama calon dan nama partai tetap utuh, terdapat pembeda pembeda warna penanda surat suara namun masih senada dan terdapat noda yang tidak mencolok.

“Terkait kategori surat suara rusak dan surat suara cacat namun masih bisa digunakan ini, petugas sortir lipat sudah kita berikan pembekalan, sehingga mereka sudah paham”, kata Rofingatun.

Sortir dan lipat surat suara ini dilaksanakan pada dua tempat yaitu di Gudang SMK Mulya Bakti Dukuh Waluh dan Gudang Karangnanas Sokaraja, dengan melibatkan petugas sebanyak 550 orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.