Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Harga Beras Masih Melambung di Banyumas

0

METROJATENG.COM, BANYUMAS – Harga beras sampai saat ini masih melambung di Kabupaten Banyumas. Untuk beras kualitas medium harga termurah Rp 14.000 per kilogram, sedang beras premium sampai Rp 16.000 per kilogram.

Salah satu penjual beras di Kota Purwokerto, Atin mengatakan, harga beras masih tinggi, karena menurut keterangan penyuplai, hasil panen tidak maksimal. Kenaikan harga beras paling tinggi pada beras ketan yang harganya sampai saat ini Rp 18.000 per kilogram.

“Beras ketan itu biasanya saya jual hanya Rp 12.000 hingga Rp 13.000 per kilogram, tetapi sekarang harganya Rp 18.000 per kilogram. Banyak pelanggan yang protes, tetapi mau bagaimana lagi, dari sananya harganya masih tinggi”, ucapnya, Jumat (20.12.2023).

Beberapa kali operasi pasar (OP) beras yang menyasar ke pasar tradisional di Banyumas, tidak mampu meredam harga. Menurut Atin, hal tersebut karena beras OP jumlahnya tidak terlalu banyak dan hanya terpusat pada titik-titik tertentu saja.

“Masih lebih efektif pembagian raskin, kalau dulu ada pembagian raskin, harga beras pasti stabil, bahkan cenderung turun, karena yang menerima banyak. Tetapi kalau OP beras, barangnya juga terbatas dan hanya pada beberapa pasar saja. Saya yang pedagang eceran seperti ini, tidak mendapatkan beras OP”, tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.