Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Touring di Musim Hujan, ini Tipsnya

*Lebih Asyik dengan New Xmax

0

METROJATENG.COM, JAKARTA- Musim hujan akhirnya tiba juga. Udara panas yang seakan membakar muka bumi perlahan-lahan kembali sejuk di sepanjang hari. Musim yang ditunggu para petani untuk kembali bercocok tanam. Musim untuk kembali menyimpan sepeda motor kesayangan di ruangan tersembunyi. Ups, itu dulu di saat ada pameo, musim hujan tiba, motor disimpan rapat di dalam kamar.

Namun sekarang, hal seperti itu tak akan terjadi, hujan datang, sunmory tetap jalan. “Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sesaat sebelum malakukan perjalanan jauh atau sunmoy atau touring bersama komunitas,” papar Paul Himawan, Cief DDS 3 Jateng-DIY dalam siaran persnya.

Karena kondisi jalan yang basah, tentu saja persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh atau touring atau sunmory ada beberapa hal  yang perlu diperhatikan.

  1. Rencanakan Rute Perjalanan. Perencanaan rute perjalanan perlu benar-benar diperhatikan, apakah rute yang akan dilalui terkadang selain hujan juga akan turun kabut.
  2. Periksa Lampu Kendaraan. Pastikan kelistrikan dan lampu-lampu berfungsi dengan baik, karena apabila turun hujan, tetap bisa melakukan perjalanan dengan baik.
  3. Periksa Komponen Penting Kendaraan. Pastikan komponen-komponen vital kendaraan berfungsi dengan baik, kondisi ban dan tekanannya, rem berfungsi dengan maksimal, dan lain-lain.
  4. Periksa Tekanan Udara Dalam Ban. Pastikan tekanan udara standar sesuai rekomedasi pabrik.
  5. Memakai Pakaian yang Tepat.
  6. Menyiapkan Jas Hujan. Kelengkapan wajib di saat musim hujan, apalagi kalau melakukan perjalanan jauh.
  7. Berkendara dengan kecepatan Normal. Karena kondisi jalan yang licin akibat air hujan, maka gunakan kecepatan dalam kondisi normal-normal saja.
  8. Menjaga Jarak Aman. Akibat curah hujan yang tinggi yang berimplikasi terhadap jarak pandang pengendara, maka atur jarak aman. Karena apabila kendaraan di depan kita melakukan pengereman mendadak, kita masih bisa bermanufer atau mengindarinya.
  9. Hindari Menerabas Genangan Air. Bikers mania, genangan air terkadang justru menjadi sarana yang asyik untuk bermain di saat musim, namun yang perlu diwaspadai adalah, apakah di dalam genangan air tersebut ada lubang atau batu yang tertutup air genangan, dan apabila ada salah satu atau dua-duanya ada, maka sangat membahayakan bagi pengendara.
  10. Selalu Perhatikan Marka Jalan. Apabila bikers mania berada di posisi tengah, perhatikan dengan seksama, apakah kendaraan kita melebihi marka, apabila sampai melebihi marka, maka kembalilah ke jalur anda agar aman dalam berkendara.
  11. Jangan Menghidupkan Mesin Saat Terjebak Banjir. Pantangan bagi bikers menghidupkan mesinsaat terjebak banjir. Karena dikhawatirkan akan terjadi kerusakan atau konsleting pada kelistrikan di sepeda motor kesayangan Anda.

Lebih Asyik Lagi Touring dengan XMAX Tech MAX

“Hari ini kami ingin menghadirkan varian terbaru yang menjadi varian tertinggi di kategori MAXI Yamaha, yaitu XMAX Tech MAX. Saya bisa katakan bahwa ini merupakan varian yang spesial, karena sebelumnya telah lebih dulu hadir di market Eropa dan sukses di sana. Dilengkapi dengan warna dan part yang special, XMAX Tech MAX dirancang untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih premium dan menyenangkan kepada para penggunanya. Melalui desain yang mewah, kenyamanan maksimal, dan juga fungsionalitas yang ditingkatkan. Ini semua tentunya menciptakan kualitas berkendara di level tertinggi,” ungkap Hiroshi Takeyama, Director Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. saat menyampaikan kata sambutan dalam peluncuran varian baru tersebut.

Dilengkapi dengan komponen-komponen dan warna yang spesial, XMAX Tech MAX dirancang secara khusus untuk menghadirkan nilai-nilai premium yang lebih kuat melalui tampilan gaya yang berbeda, kenyamanan maksimal, hingga fungsionalitas yang ditingkatkan. Sehingga konsumen atau penggunanya, merasakan kualitas berkendara di level tertinggi.

Komponen special pada XMAX Tech MAX yang kental akan nuansa premium, dapat dijumpai pada beberapa bagian sepeda motor. Pada bagian cockpit, sentuhan artistik dan mewah tersebut terletak pada komponen Jok dan juga Cover Lid Pocket yang menggunakan material sejenis kulit dengan pola jahitan beraksen emas.

Selain itu, komponen lain yang membuat varian ini berbeda dengan varian XMAX Connected adalah pada bagian handgrip yang memiliki embos logo Tech MAX, pijakan kaki yang menggunakan plat alumunium, serta spesial emblem Tech MAX yang melekat pada kedua sisi body motor. Sementara dari sisi warna, varian anyar ini juga mengusung konsep special color, yaitu Magma Black yang secara visual terlihat unik, mewah dan maskulin.

Seperti halnya XMAX Connected, varian XMAX Tech MAX juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan terbaik dikelas skutik premium 250cc. Seperti Sistem Navigasi, TFT Infotainment System, Y-Connect, Sistem pengereman ABS hingga Traction Control System (TCS). Pada bagian dapur pacu, motor ini ditenagai mesin Bluecore 250cc yang responsive dan bertenaga untuk mendukung berbagai macam kebutuhan mobilitas di segala medan.(san)

Leave A Reply

Your email address will not be published.