Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Layanan Adminduk Dindukcapil Banyumas Capai Puluhan Ribu Tiap Harinya

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banyumas setiap harinya mencapai puluhan ribu orang. Dari mulai perekaman Kartu Tanda Pendudukan (KTP) elektronik, pencetakan KTP el, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan lainnya.

Paling banyak pelayanan harian adminduk adalah perekaman dan pencetakan KTP el, pencetakan KK, aktivasi Identitas Kependudukan hingga pencetakan KIA. Dalam satu hari perekaman KTP el kisaran 150 – 300 orang. Sedangkan untuk pencetakan KPT el lebih banyak lagi, yaitu dari 400 hingga 800 orang per harinya. Dan aktivasi IKD kisaran 400-500, serta untuk pencetakan KIA kisaran 200 anak setiap harinya.

Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Lily Listiani SH. MH mengatakan, dalam satu hari pelayanan adminduk mencapai kisaran 49.000 hingga 50.000 orang. Setiap harinya pelayanan dibuka mulai pukul 07.45 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

 “Kesadaran akan pentingnya Identitas Kependudukan Digital sudah mulai terbangun, sehingga yang datang untuk aktivasi IKD setiap harinya cukup banyak, karena memang banyak manfaat dari IKD yang bisa dirasakan masyarakat”, terangnya, Kamis (30/11/2023).

Layanan adminduk harian yang ada di kantor Dindukcapil Banyumas meliputi rekam KTP el, pencetakan KTP el, perpindahan, kedatangan, pencetakan KK, pencetakan KIA, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan serta aktivasi IKD.

Jemput Bola

Selain membuka pelayanan di kantor serta memberdayakan kantor kecamatan dan desa, petugas Dindukcapil Banyumas juga melakukan upaya jemput bola. Misalnya untuk aktivasi IKD, Dindukcapil melakukan jemput bola ke berbagai instansi seperti kantor BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Geriatri dan lainnya, serta

Begitu pula untuk layanan KIA, Dincukcapil Banyumas aktif mendatangi sekolah-sekolah untuk pembuatan KIA. Selain itu juga ada pelayanan keliling KIA yang dilakukan di tempat-tempat wisata seperti Taman Mas Kemambang, Menara Teratai hingga Lokawisata Baturraden.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Drs Hirawan Danan Putra MSi menyatakan, pihaknya selalu berupaya meningkatkan pelayanan adminduk yang semakin memudahkan serta mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Terlebih pelayanan publik merupakan aspek fundamental, sehingga peningkatan kualitas pelayanan menjadi fokus Dindukcapil Banyumas.

“Masyarakat harus mendapatkan pelayanan adminduk yang cepat, mudah dan akurat, sehingga berbagai inovasi dan upaya jemput bola pelayanan terus kita lakukan”, tuturnya.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.