Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Yuk Jadikan Kota Semarang Sebagai Gerbang Pintu Masuk Wisata Indonesia

Irwan Hidayat : Dukungan Pemerintah Sangat Dibutuhkan Termasuk Bandara Internasional yang Bisa Melayani Pesawat Berbadan Besar

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG – Kota Semarang memiliki potensi untuk menjadi pintu gerbang wisata Indonesia. Ini karena Semarang memiliki lokasi yang sangat strategis untuk menjadi gerbang pintu masuk wisata Indonesia, karena  memiliki aneka kebudayaan dan objek wisata yang lengkap termasuk wisata religi dan kuliner, budaya, industri dan kota jasa.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat mengatakan hal tersebut saat berkunjung di Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI di Pasar Semawis Pecinan Semarang Sabtu (30/9/2023) malam. Irwan mengaku sangat mendukung kegiatan ini, yang diharapkan  mampu meningkatkan kunjungan wisata di Semarang. baik wisatawan asing maupun domestik.

Menurut Irwan acara ini digelar untuk mendongkrak wisata di Kota Semarang. Setelah sebelumnya, ada kegiatan Wayang on the street di Kota Lama Semarang. Ini ide tim pak Harjanto (ketua Kopi Semawis).

Menurut Irwan untuk mewujudkan cita-cita itu perlu dukungan dari masyarakat, investor dan juga pemerintah. Ia menilai salah satu syarat untuk mewujudkan Semarang menjadi pintu masuk wisata di Indonesia adalah keberadaan bandara yang bisa menampung pesawat berbadan lebar sehingga bisa dilakukan penerbangan internasional.

“Jadi orang  Singapura, China, US bisa langsung  mampir ke Semarang. Kalau mau wisata,  mereka bisa ke daerah Jateng, Yogya, Solo. Syarat cuma satu, airport bisa didarati pesawat berbadan lebar,” imbuh Irwan

Selain bandara  Pemkot Semarang juga harus turut berperan menghidupkan tempat-tempat wisata yang bisa dijadikan tempat wisata tujuan. Sebagai contoh kawasan Semawis, yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah.

“Pasar Semawis bila ditata dengan baik, jalan diperbaiki dan dicat akan mampu menjadi ikon Semarang, sehingga diharapkan bisa  menghidupkan perekonomian kota Semarang, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat,”tutur Irwan yang ingin mencicipi semua masakan kesukaan 7 Presiden RI yang ada di kota Semarang.

“Banyak tempat wisata yang dimiliki kota Semarang, tidak hanya Pasar Semawis, tetapi ada Kota Lama, Sam Po Kong, Lawang Sewu dan lainnya  yang bisa menjadi tujuan wisata,”tambah Irwan

Lebih jauh Irwan menegaskan, untuk menjadikan Kota Semarang menjadi Gerbang Pintu Masuk Wisata Indonesia harus diawali dari Pemkot Semarang sendiri. sementara para pengusaha akan memberikan dukungan.

“ Kota Semarang supaya bisa menjadi Gerbang Pintu Masuk wisata Indonesia, harus diawali oleh Pemkot Semarang, kita para pengusaha dan swasta akan mendukung, karena ini untuk kemajuan kota semarang” tandasnya.

Meski saat ini masih gagasan, namun Irwan sangat yakin gagasan itu akan terwujud. hal ini dikarenakan  Semarang memiliki potensi yang sangat besar untuk  menjadi gerbang pintu masuk wisata Indonesia,” ujar  Irwan yang optimis gagasannya akan terwujud.

Minum Jamu – Stan Sido Muncul tak pernah sepi pembeli, karena masyarakat Kota Semarang suka minum jamu. (Tya)

 

Sementara itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang memberikan apresiasi terhadap apa  yang dilakukan Sido Muncul di Kota Semarang selama ini.

“Saya sangat apresiasi atas sumbangsih Sido Muncul selama ini dan saya sangat setuju Kota Semarang tidak hanya menjadi gerbang pintu masuk wisata Indonesia, tapi harus menjadi tujuan wisata Indonesia dan Manca Negara,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga Kota Semarang Arif Trilaksono.

Sementara itu, Ketua Kopi Semawis, Harjanto Halim menambahkan, selain untuk mendongkrak wisatawan, Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI itu juga digelar untuk memperkenalkan
selera makan dari para presiden Indonesia.

“Jadi pak Irwan minta kita adakan acara, kalau kinerja nusantara sudah banyak. Dan ini membuat masyarakat tahu ternyata makanan kesukaan presiden sangat merakyat, murah, tapi ndemenakake (memuaskan),” jelas Harjanto.

Ia sendiri terjun langsung untuk mencari data makanan favorit para presiden. Mulai dari browsing internet, masukan dari rekannya yang pernah berinteraksi atau kenal dengan para presiden. Serta pengalamannya sendiri

“Ya kita googling, kemudian ada masukan dari teman dan pengalaman mereka. Saya juga pernah ke Jombang dulu jadi paham,” kata Harjanto.

Dalam acara yang digelar sejak hari Jumat lalu (29/9), Sabtu (30/9), hingga Minggu (30/9) besok terdapat sejumlah stand makanan favorit para presiden mulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Bung Karno sendiri memiliki sejumlah makanan yang makanan favorit mulai dari Nasi Jagung, Rawon, Ayam Goreng Mertega, Sayur Asem, Sambal Rawon, dan Nasi Pecel Blitar. Pengunjung pun bisa membeli nasi pecel di stand ini.

Presiden kedua, Soeharto juga memiliki beragam menu favorit mulai dari Ikan Bakar, Nasi Goreng, Sambal Bawang, Semur Lidah, Sayur Lodeh, Pindang Bandeng dan Wedang Ronde. Di stand Soeharto pengunjung bisa membeli sayur lodeh, tempe dan tahu Bacem, serta tiwul kesukaan Presiden Soeharto.

Kemudian, di stand Presiden ketiga BJ Habibi pengunjung bisa membeli Bubur Manado yang menjadi salah satu makanan favoritnya. Namun, selain itu BJ Habibie juga menyukai Ayam Goreng ala rumah makan Padang, Sup Ikan, Sangara Bandeng, Barongko. Minuman favorit ada Susu, jus Terong Belanda, dan jus Sirsak.

Di stand presiden keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pengunjung bisa membeli Kikil Jombang yang menjadi menu favorit Gus Dur. Namun, Gus Dur juga suka Gado-gado, Masakan Padang, Dendeng Batokok, Gulai Otak Sapi, Gulai Linpa, Jus Alpukat, Es Teh Tawar.

Kemudian pengunjung juga bisa menikmati dan membeli Nasi Goreng, nasi goreng merupakan salah satu makanan kegemaran Megawati disamping Bakmi Jowo, Ikan Bakar, Ayam Pop, Bothok Mlandhing.

Di stand Presiden keenam, pengunjung bisa membeli dan menikmati Pecel Madiun yang jadi kegemaran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY juga menyukai Ayam Kampung Goreng, Tahu Sumedang, Bakso Khas Sragen.

Terakhir di stand presiden ketujuh, Joko Widodo (Jokowi), pengunjung bisa membeli makanan favorit Jokowi yakni Sate Kere Solo. Jokowi juga menyukai Terong Balado, Tempe Goreng, Ikan Teri, Ayam Goreng. Untuk minuman ada Temulawak dan Jahe Kunyit. (tya)

Ajak Masyarakat – Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat saat memberikan sambutan di Festival Kuliner Pasar Semawis Sabtu Malam (30/10/2023). (tya)
Leave A Reply

Your email address will not be published.