Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Dukung Peningkatan Literasi Pasar Model, BEI Luncurkan IDX Mobile

Mudahkan Masyarakat Belajar Pasar Modal

0

METROJTENG.COM, SEMARANG – Selaras dengan upaya meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) merasa penting agar publik memiliki sumber informasi pasar modal Indonesia yang real-time, akurat, serta dapat diandalkan.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, guna meningkatkan literasi pasar modal BEI menyediakan informasi pasar modal dalam bentuk mobile application bernama IDX Mobile yang diluncurkan tepat pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-31 BEI pada Kamis (13/7).

IDX Mobile merupakan salah satu layanan BEI dalam bentuk mobile application yang menyediakan data real-time, seperti harga saham, indeks, berita perusahaan tercatat, laporan keuangan, komoditas, dan lainnya.

“Beragam fitur terdapat pada IDX Mobile, antara lain fitur Capital Market Info yang merupakan informasi real-time pergerakan saham di pasar modal, fitur Stock Heatmap menggambarkan visualisasi kinerja saham untuk memudahkan analisis,” jelasnya.

Selain itu, terdapat pula fitur Virtual Trading untuk simulasi kegiatan transaksi jual-beli saham, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pengalaman praktis transaksi secara real-time tanpa mendapatkan risiko finansial. Masyarakat umum serta investor bisa mendapatkan IDX Mobile melalui App Store, maupun Play Store.

IDX Mobile lanjut Iman bertujuan untuk memenuhi kebutuhan publik sekaligus memberikan kemudahan bagi investor dalam mengakses dan memanfaatkan informasi serta data pasar modal.

“Kami harap IDX Mobile tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal Indonesia, tetapi juga memperluas pemanfaatan informasi pasar modal untuk seluruh masyarakat, baik domestik maupun mancanegara,” ujar Iman Rachman pada peluncuran IDX Mobile.

Setelah diluncurkan secara resmi oleh Direktur Utama BEI Iman Rachman, terdapat pengenalan fitur IDX Mobile yang dilakukan oleh Direktur BEI Irvan Susandy. Acara peluncuran ini turut menyajikan Fun Financial Talk dengan tema Elevate your Investment Lifestyle with IDX Mobile untuk peserta

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1 BEI, Fanny Rifqi El Fuad menambahkan, aplikasi IDX Mobile punya banyak keunggulan yang dapat segera dimanfaatkan. Ada banyak fitur untuk bisa belajar transaksi jual beli saham, obligasi dan reksadana.

“Pada aplikasi bisa digunakan untuk belajar perdagangan saham obligasi dan reksadana. Di dalamnya ada dana virtual yang dapat digunakan untuk membantu investor yang belum berani memakai dana sungguhan. Kita juga bisa melihat harga saham, pergerakan grafik saham atau analisa teknikal, laporan keuangan, neraca, laba rugi dan data-data perdagangan, serta index di bursa real time langsung dari sumbernya BEI,” pungkasnya. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.