Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Wujudkan Inovasi Berkelanjutan, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Sabet 8 Penghargaan di Nusantara CSR Awards 2023

0

METROJATENG.COM – Ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility sudah digelar ke lima belas sejak awal peluncurannya di tahun 2008. Pada tahun 2023 ini mengusung tema “Incorporating SDGs” dimana terdapat banyak perubahan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, hingga energi berkelanjutan. Malam penghargaan ini berlangsung di Jakarta pada Rabu (5/7/2023).

Kegiatan penghargaan ini merupakan ajang yang ditunjukan kepada perusahaan-perushaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Penerima Penghargaan Nusantara CSR Award yaitu PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal (FT) Maos memperoleh 3 Kategori penghargaan, Fuel Terminal (FT) Boyolali memperoleh 1 Kategori penghargaan, Integrated Terminal (IT) Cilacap memperoleh 3 Kategori penghargaan dan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ahmad Yani memperoleh 1 Kategori penghargaan.

Pjs. Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Marthia Mulia Asri menyebut bahwa masing-masing memiliki perstasi yang patut dibanggakan karena dari program inisiasi ini menjadi dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Terdapat 17 kategori sesuai dengan 17 tujuan dalam SDGs, dan PT Pertamina Patra Niaga FT Maos berhasil mendapat penghargaan di 3 kategori antara lain kategori Mengakhiri Kelaparan dengan program Implementasi Program CSR Kawasan Wisata Pertanian (KAWISTA), Kategori kota dan komunitas yang berkelanjutan dengan program pelibatan KSM Sumber Rejeki untuk mengelola limbah lingkungan, dan kategori konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dengan program inovasi ksatria komitmen masyarakat tanpa bahan kimia dengan memproduksi gula semut,” ungkap Marthia

Pada program FT Boyolali, Marthia menambahkan bahwa kepedulian akan alam menjadi dasar FT Boyolali menginisiasi program yang memperolah penghargaan ketegori pekerja layak dan pertumbuhan ekonomi “Pasukan Inklusi Peduli Alam Bewana Patra : Kolaborasi Membangun Sistem Pertanian Inklusif dan Peduli Lingkungan merupakan program yang diikutkan dalam ajang Nusantara CSR Award adalah Pandawa Patra dimana melalui program ini membawa FT Boyolali memperoleh penghargaan” katanya.

Dalam mengatur keseimbangan alam dan hasil bumi yang berpengaruh dalam perekonomian IT Cilacap berhasil mengembangkan 3 program yang berhasil meraih penghargaan kategori mengakhiri kelaparan, kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi serta Kategori Ekosistem Darat.

“Beberapa program yang dicanangkan yaitu ; Program Kelompok Wanita Tani Mekar Berseri untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Pencegahan Stunting, Program Wisata SIMANJA (Konservasi Mangrove Jagapati), dan Program Konservasi Jalak Bali di Bali Barat dari ketiga program tersebut membawa IT Cilacap memenangkan 3 Kategori” jelas Marthia.

Hal serupa juga disusul oleh DPPU Ahmad Yani yang menginisiasi Program Pertaharjo Berdaya Bersama, “Terinspirasi dari sinergi Pertamina dengan masyarakat membawa DPPU Ahmad Yani menginisiasi program ini sehingga bisa memperoleh penghargaan kategori Pekerja Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” tambah Marthia.

“Harapannya dengan prestasi ini membawa semangat baru bagi Pertamina Patra Niaga dalam menginisiasi program yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sehingga Pertamina dan masyarakat bisa bersama bersinergi untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” tutup Marthia. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.