Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

BCA Tebar Cashback 30% Bagi Pengunjung Pasar Kangen Pura Mangkunegaran Solo

0

METROJATENG.COM, SOLO  – Dukung perkembangan Usaha Mikro  kecil Menengah (UMKM)  PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan cashback 30% kepada para pengunjung yang melepas kerinduannya terhadap kuliner tradisional Nusantara di Pameran Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Pasar Kangen sendiri merupakan acara tahunan yang biasa digelar di Yogyakarta sejak 2007. Acara ini mempertemukan tradisi, kuliner, kesenian, dan kreativitas serta mengemasnya dengan suasana tempo dulu. 

Pada tahun ini, Pasar Kangen untuk pertama kalinya digelar di Solo dan 60 UMKM dari Solo dan sekitarnya turut meramaikan hajatan istimewa ini. BCA menyambut baik gelaran tersebut dengan menebar promo menarik bagi pengunjung Pasar Kangen.

Pendiri sekaligus Ketua Pasar Kangen Jogja Ong Hari Wahyu bercerita bahwa Pasar Kangen merupakan bentuk usaha ketahanan pangan. Sebab kuliner itu bagian dari kebudayaan, tidak sekadar makanan. Maka ini harus dipertahankan supaya generasi di bawah kita mengerti dan mengenal makanan khas kita.

“Spirit yang mendasari Pasar Kangen itu adalah ketahanan pangan. Makanan lokal dan tradisi kita harus dipertahankan karena saat ini banyak gempuran makanan dari luar negeri,” tambahnya.

Guna menyemarakkan Pasar Kangen yang digelar selama 23-25 Juni 2023 ini, BCA hadir memberikan kejutan kepada pengunjung berupa cashback hingga 30% untuk 1.500 transaksi pertama.

“Promo ini berlaku untuk transaksi menggunakan QRIS di aplikasi myBCA, BCA mobile, dan Sakuku. Cukup menunjukkan bukti transaksi di booth BCA, pengunjung memperoleh cashback hingga Rp15.000 dengan transaksi minimal Rp50.000. Informasi lebih lengkap mengenai Pasar Kangen dapat dilihat di bca.id/pasarkangen,” jelasEVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn.

Lebih lanjut Hera menambahkan. promo tersebut hanya salah satu langkah konkret perseroan dalam mendukung pelestarian budaya Tanah Air yang begitu kaya.

“Produk kebudayaan Indonesia begitu banyak sehingga menjadi panggilan bagi kami untuk turut memperkenalkan kuliner khas tradisional kepada masyarakat luas melalui Pasar Kangen ini. Tidak hanya dengan penawaran menarik, BCA juga berperan aktif dalam memberikan pembinaan kepada UMKM dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Hera.

Kontribusi BCA Terhadap UMKM Peserta Pasar Kangen sebagai perbankan nasional, ada berbagai cara dalam memberi dukungan untuk UMKM. Salah satunya dengan memberi pembinaan kepada UMKM agar memperoleh pengetahuan dan akses yang diperlukan dalam berbisnis. 

Sejumlah peserta yang merupakan binaan BCA merasakan betul bantuan BCA dari waktu ke waktu seperti halnya yang hadir sebagai tenant di Pasar Kangen ini.

Agung Ngoro, salah satu UMKM di bawah naungan Bangga Lokal BCA yang hadir sebagai peserta di Pasar Kangen, mengaku cara BCA dalam mendorong UMKM naik kelas tidak dengan cara instan seperti memberikan permodalan.

“Jadi yang saya rasakan itu dampak terbesar itu adalah trust. Ketika ada agen atau pembeli grosir ada keraguan bertransaksi dengan kita, mereka bisa cek nama kita ada di website BCA. Event offline seperti ini juga sangat membantu karena memberikan eksposur yang tidak kecil bagi kita, ini yang jika diukur nilainya sangat besar,” tutur Albert Suproyogi, pemilik Agung Ngoro.

Hal serupa juga dirasakan oleh Demy Raharja, Ketua Pengelola Wisata Desa Wisata Wayang Wukirsari. Kehadiran BCA dalam mendukung kemajuan Desa Wisata Wayang Wukirsari tersalurkan dalam berbagai bentuk. Ada yang bentuknya promosi seperti yang kita lakukan di Pasar Kangen ini, pelatihan melayani tamu, digital marketing, kepemimpinan, hingga team building.

“Kami yang tadinya cuma bisa menjual wayang kepada tamu kini dapat menawarkan homestay dan 25 paket wisata lainnya kepada wisatawan.” tambahnya.

Dari sekitar 60 peserta Pasar Kangen di Pademan Pura Mangkunegaran ini, ada sekitar 5 UMKM yang berada di bawah binaan Bakti BCA, di antaranya Kampung Batik Gemar Sumilir, Wisata Wayang Desa Wukirsari, Agung Ngoro, Kopi Sirap/Doesoen Kopi Sirap, dan Sosis Solo Pojok Beteng.

Gelaran Pasar Kangen ini merupakan bagian dari rangkaian acara ‘Satu dalam Cita’ yang menghadirkan pertunjukkan, pameran, serta lokakarya.(tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.