Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Melalui Program Electrifying Agriculture, PLN Jangkau 29.679 Pelanggan

0
– AGRICULTURE- Sebanyak 29.679 pelanggan sektor pertanian, peternakan dan perikanan di Jateng-DIY telah merasakan kemudahan pemakaian listrik PLN untuk usaha mereka melalui Program Electrifying Agriculture (EA). Foto : ist/metrosemarang.com

METROSEMARANG.COM, SEMARANG – Tercatat sebanyak 29.679 pelanggan sektor pertanian, peternakan dan perikanan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta telah merasakan kemudahan pemakaian listrik PLN untuk usaha mereka melalui Program Electrifying Agriculture (EA). Jumlah tersebut termasuk kenaikan sebanyak 2.022 pelanggan selama kurun waktu tahun 2022.

Mengusung program Super Cikhen, Super Chuan, dan Super Panen yang merupakan bagian dari Program EA, PLN berhasil membantu pelaku usaha di sektor pertanian, peternakan dan perikanan. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya operasional usaha melalui pemanfaatan listrik dan teknologi modern.

“PLN berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan pelayanan pada pelanggan, salah satunya dengan Program EA. Diharapkan dengan ini dapat mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Selain itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dengan mengoptimalkan produktivitas serta menekan biaya operasional dengan pemanfaatan teknologi modern berbasis listrik,” tutur Jatmiko.

Pada tahun 2022, sebanyak 1.141 pelanggan di Jawa Tengah dan DIY telah memanfaatkan kemudahan listrik PLN melalui Program Solusi Penggunaan Energi Listrik Untuk Pengairan dan Penerangan Lahan atau Super Panen. PLN juga menjangkau 603 pelanggan di sektor peternakan dengan program Super Cikhen atau Solusi Penggunaan Energi Listrik Ciptakan Keunggulan Hasil Ternak. Selain itu, pada sektor perikanan dan kelautan dengan program Solusi Penggunaan Energi Listrik Untuk Ciptakan Hasil Kelautan Yang Terdepan (Super Chuan) berhasil melayani 278 pelanggan.

Tercatat sampai Desember 2022 total daya tersambung pelanggan EA adalah 16.191.450 volt ampere (VA). Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 27 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (Year on Year).

Dari sisi total penjualan listrik, jumlah penjualan listrik EA sampai dengan Desember 2022 sebesar 9.449.016 kilo watt hour (kWh) atau mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 32.6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Pelanggan PLN dapat mendaftar program EA melalui PLN Mobile atau bisa mengunjungi kantor PLN terdekat. Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat yang berminat dan harapan kami akan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Program EA ini,” tutup Jatmiko.

Berdasarkan data yang terhimpun hingga tahun 2022 di lokasi Jawa Tengah dan DIY, pelanggan EA di sektor pertanian sebagian besar memanfaatkan listrik dalam proses pengairan dengan menggunakan pompa, penggilingan padi listrik ataupun rekayasa teknologi lampu untuk meningkatkan kualitas dan jumlah produknya.

Untuk pelanggan dari sektor peternakan memanfaatkan listrik PLN untuk menunjang sistem kandang tertutup (closed house) di mana listrik menjadi basisnya. Sementara di sektor perikanan, pelanggan sebagian besar memanfaatkan listrik untuk penyimpanan atau cold storage, sehingga kualitas ikan dapat terjaga.(eff)

Leave A Reply

Your email address will not be published.