Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Crown Leather, UMKM Binaan SIG Jadi Primadona

*Bazar UMKM untuk Indonesia

0
– BAZAR UMKM- Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya M. Sinulingga (tengah) didampingi Direktur SDM & Umum SIG, Agung Wiharto (kedua kanan) mengunjungi UMKM Crown Leather milik M. Adrian Fadhilah (kedua kiri) pada “Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023” yang digelar pada 26 hingga 29 Januari 2023, di Gedung Sarinah, Jakarta. Foto : ist/metrosemarang.com

METROSEMARANG.COM, JAKARTA – Salah satu UMKM binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), Crown Leather asal Gresik, Jawa Timur berhasil memperoleh omzet penjualan mencapai Rp150 juta dari penjualan produk kerajinan kulit pada “Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023” yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN, pada 26 hingga 29 Januari 2023, di Gedung Sarinah, Jakarta. Crown Leather adalah UMKM yang menjual produk fesyen seperti dompet, tas, sepatu, clutch, ikat pinggang dan produk lainnya yang terbuat dari kulit.

M. Adrian Fadhilah, pemilik Crown Leather yang didirikan pada 2019, mengutarakan perasaan senang dan bangga menjadi salah satu UMKM yang diikutkan oleh SIG dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 ini, apalagi produk-produknya diminati oleh pengunjung.

“Sebelumnya kami telah melakukan analisis pasar sederhana, bahwa masyarakat Jakarta banyak yang menggunakan laptop untuk bekerja dan membutuhkan tas laptop. Ternyata benar, antusiasme pengunjung terhadap tas laptop tinggi sekali, terutama tas laptop model selempang, sampai kita restock ratusan buah. Pembeli pun tidak hanya dari masyarakat lokal, tetapi juga ada wisatawan asing dan mereka sangat menghargai produk lokal Indonesia,” kata Adrian.

Angka penjualan Rp 150 juta itu menjadi salah satu capaian tertinggi yang dicapai UMKM asal Gresik tersebut, jauh melampaui rata-rata omzet yang biasanya mereka raup dalam pameran di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang hanya berkisar Rp 10 juta- Rp 20 juta.

Sementara itu, Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, pada Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN ini, SIG berpartisipasi dengan mengikutsertakan 32 UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner, kriya, fesyen dan kecantikan. UMKM tersebut merupakan binaan dari PT Semen Gresik, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, serta PT Semen Baturaja Tbk yang telah resmi bergabung menjadi bagian dari SIG pada Desember 2022 lalu.

“Alhamdulillah, pada kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 ini, produk yang diikutkan sangat diminati pengunjung. Terbukti selama 4 hari mengikuti bazar, 32 UMKM binaan SIG berhasil meraup total penjualan sebesar Rp257 juta,” kata Vita Mahreyni.

Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 ini menjadi salah satu upaya nyata Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran dengan menjual ragam produk yang inovatif dan khas.

Di luar Crown Leather, UMKM lain yang difasilitasi SIG bersama anak perusahaan pada event Bazaar UMKM untuk Indonesa 2023 meliputi bidang kuliner yakni Keriyess, Akar Jawi, Kopi Lelet Cangkir, Deket Peken, Dua Ikan, HSR, Kukuk, Aneka Kripik Mang Dendi, Mitra Home Industri, Bakul Artha, DCrispy, Milyarder Crispy, Eliza, Dapur Mba Ana, Kopi Mentari, Kopi RMS, Ngupi Ku-Day, Kemplang Tunu Fitria, dan Beeyond Honey. Sedangkan bidang kriya yakni Arma Leather and Craft, Bumbung Kawung, Nurul Craft serta bidang Fesyen dan Kecantikan yakni Kaos Jukung, Little Kaaya, Okvisa, Batik Sekar Mulyo, Batik Lasem Real Asto, Batik Gunung Kendil, Sijebi dan Sutra Indah.(eff)

Leave A Reply

Your email address will not be published.