Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Transaksi Property Expo Meningkat 59 Persen  

Rumah Harga Diatas Rp 1 Miliar Masih Dominasi Pasar

0 62

METROJATENG.COM, SEMARANG – Transaksi penjualan rumah pada pameran Property Expo yang berlangsung di Paragon Mall 7-18 September 2022 meningkat 59 persen dibanding pameran sebelumnya. Penjualan ini menunjukan kondisi daya beli masyarakat masih cukup bagus

Ketua panitia pameran Dibya K Hidayat didampingi wakil ketua Juremi mengungkapkan transaksi penjualan rumh mencapa 19 unit atau senilai Rp 34,2 miliar. Penjualan ini jauh lebih baik dari pa.eran sebelumnya yang mencapai 15 unit rumah atau senilai Rp 20,5 miliar.

“Daya beli masyarakat masih bagus dan belum terpengaruh oleh kenaikan harga BBM. Bahkan rumah dengan harga Rp 6 miliar juga laku terjual,” jelas Dibya.

Menurutnya penjualan rumah masih didominasi dengan harga diatas Rp 1 miliar. Dari total transaksi penjualan rumah dengan harga Rp 350 juta -Rp 750 juta mencapai 6 unit dan sisanya 13 unit untuk rumah diharga Rp 750 juta lebih.

Guna mendorong penjualan rumah paska kenaikan harga BBM,lanjut Dibya pengembang harus lebih agresif dalam melakukan pemasaran, dan berkolaborasi dengan perbankan. Hal ini dikarenakan imbas kenaikan harga BBM akan berpengaruh dengan kenaikan harga bahan bangunan. apalagi yang produk impor seperti besi, baja dan aksesoris lainnya.

“Saat ini perbankan sudah mulai menurunkan suku bunga, sehingga angsuran menjadi lebih ringan. Adanya penurunan suku bunga KPR ini merupakan peluang bagi pengembang untuk meningkatkan penjualan rumah,” tambah Dibya.

Dukungan perbankan dalam peningkatan penjualan rumah sangat dibutuhkan lebih-lebih dengan kenaikan harga BBM, Pasalnya dengan suku bunga KPR yang murah ciciln menjadi lebih terjangkau.

“Suku bunga sangat berpengaruh terhadap cicilan rumah, sehingga kolaborasi antara pengembang dan perbankan sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan daya beli masyarakat, karena 90 persen pembelian ruma melalui KPR,” ungkap Dibya. (tya)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.