Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Liburan Lebih Hemat dengan Berkunjung ke Negara Bebas Visa Terbatas Ini

0 142

METROJATENG .COM, JAKARTA – Jika berencana bepergian ke luar negeri, pastinya ada banyak hal yang harus Anda siapkan. Tak hanya tiket perjalanan, paspor, dan kartu identitas, Anda juga wajib menyiapkan berbagai dokumen pendukung lain, salah satunya adalah dokumen visa ke destinasi tujuan.

Sekarang, aturan perjalanan ke luar negeri memang telah cukup longgar. Perlu diketahui bahwa mengurus dokumen visa akan cukup memakan waktu. Inilah sebabnya, selain pesan tiket pesawat, Anda pun perlu mengurus dokumen ini jauh sebelum hari keberangkatan. Selain itu, ketahui pula bahwa, biaya yang diperlukan untuk mengurus visa pastinya juga tidak sedikit.

 

Berlibur ke Negara Bebas Visa

Meski demikian, sekarang Anda dapat berlibur ke luar negeri lebih hemat tanpa membutuhkan banyak waktu untuk mengurus visa ke destinasi tujuan. Sebab, negara di kawasan Asia seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, dan Nepal telah menetapkan aturan kunjung bebas visa untuk wisatawan asal Indonesia.

Selain itu, berikut beberapa negara lain yang menetapkan aturan bebas visa dan dapat Anda kunjungi:

1. Uzbekistan

Negara ini menetapkan aturan kunjungan tanpa visa untuk wisatawan Indonesia selama 30 hari. Tentunya, ini sudah sangat cukup untuk berlibur dan berkunjung ke berbagai destinasi menarik di negara tersebut. Misalnya, berkunjung ke Tashkent yang menjadi ibu kota Uzbekistan yang sarat dengan bangunan dan cerita sejarahnya.

Amir Timur Museum, Zangiota, dan Khazret Imam Mosque menjadi tempat di kawasan Tashkent yang dapat Anda datangi. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Samarkand, kota tertua di negara Uzbekistan dan Bukhara yang masuk dalam warisan dunia versi UNESCO.

2. Makau

Selain Uzbekistan, negara lain yang menerapkan kunjungan bebas visa untuk wisatawan Indonesia adalah Makau. Negara ini juga memberikan batas kunjungan selama 30 hari. Makau sangat populer dengan sentra kasino paling besar di seluruh dunia. Namun, negara ini juga punya banyak keindahan dan destinasi lain yang menarik untuk didatangi.

Adapun tempat yang direkomendasikan untuk Anda tuju selama di Makau adalah Paviliun Panda raksasa, A-Ma, Tashi Square, City of Dreams, dan Macau Fisherman’s Wharf. Sementara itu, apabila Anda adalah penyuka wisata budaya dan sejarah, Sentra Sejarah Makau dan sisa reruntuhan gereja katedral St. Paul sangat pas untuk dikunjungi.

3. Maroko

Sedangkan di Benua Afrika, Anda dapat mengunjungi Maroko dengan aturan bebas visa selama 90 hari. Sudah pasti, negara satu ini menawarkan berbagai destinasi wisata populer dengan harga yang bisa dikatakan terjangkau. Pastikan Anda tidak melewatkan Marrakech, salah satu pusat sejarah yang ada di Maroko.

Selain itu, apabila ingin melihat alam Maroko yang memesona, Anda dapat mengunjungi Essaouira yang terletak tak jauh dengan laut. Ada pula Kota Biru yang berada di wilayah Chefchaouen yang menjadi destinasi wisata Instagramable dengan banyak sekali spot foto menarik dan otentik yang sangat sayang untuk dilewatkan.

4. Qatar

Berlanjut ke wilayah Timur Tengah, Anda dapat berlabuh ke Qatar dan menikmati semua keindahan dan eksotisme negara ini tanpa harus repot mengurus visa selama 30 hari. Negara yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab ini sangat populer dengan berbagai destinasi wisata yang pastinya sangat menarik untuk dituju.

Destinasi paling utama yang harus masuk daftar kunjungan Anda adalah Doha. Turis mancanegara sangat gemar mengunjungi kawasan Souq Waqif, semacam pusat berbelanja tradisional yang menawarkan berbagai macam barang kebutuhan. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga tak heran apabila banyak turis memenuhi tempat ini.

5. Hong Kong

Terakhir ada Hong Kong yang menjadi negara tujuan pilihan banyak turis asing, tak terkecuali yang berasal dari Indonesia. Sebab, tak hanya karena pilihan tiket pesawatnya yang begitu variatif dengan harga yang cukup ramah di kantong, Hong Kong juga menerapkan aturan bebas visa kunjungan selama 20 hari bagi turis asal Indonesia.

Destinasi satu ini jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hobi berbelanja. Meski demikian, Hong Kong juga menawarkan berbagai destinasi lain yang tak kalah menarik untuk disambangi. Beberapa di antaranya adalah Hong Kong Heritage Museum, Kowloon Walled City, Victoria Park, Nan Lian Gardens, Holden Beach and Repulse Bay, dan masih banyak lagi.

 

Demikian tadi negara di dunia yang dapat menjadi tujuan liburan Anda tanpa harus repot mengurus visa. Agar perjalanan liburan Anda lebih nyaman, pastikan untuk menyiapkan berbagai kebutuhan jauh sebelum hari keberangkatan. Jangan sampai Anda terlambat sampai ke bandara dan tertinggal pesawat.

Selain itu, jangan sampai lupa untuk mengecek secara berkala regulasi di setiap negara sebelum berkunjung. Sebab, setiap negara pastinya mempunyai regulasi yang berbeda terkait wisatawan atau kunjungan dari turis asing, terlebih di masa pandemi seperti sekarang, meski sudah cukup longgar. Tak kalah pentingnya, selalu jaga kesehatan, pakai masker, dan mencuci tangan, ya!(ris) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.