Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

IFBC Expo Hadirkan Kemudahan Wirausaha

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Pameran Info Franchise and Business Concept Expo (IFBC) 2022 di Semarang, yang berlangsung mulai 22-24 Juli 2022, di UTC Convention & Hotel memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin mulai berwirausaha. Pameran diikuti lebih dari 35 usaha yang menerapkan konsep bisnis waralaba (franchise).

Pameran di Semarang yang mengusung tema “Ready, Get Set, Grow” ini merupakan rangkaian kota kedua di tahun 2022 ini dan merupakan kegiatan ke-157 kali sejak tahun 2006. Tidak hanya ragam usaha kekinian, pengunjung juga dapat mengikuti kurasi produk kerajinan dan fashion siap ekspor secara gratis.

“Konsep bisnis waralaba ini banyak dipilih pemilik modal karena terbukti sustainable dan menguntungkan,” kata Fredy Ferdianto, Public Relation PT Neo Expo Promosindo, selalu Penyelenggara IFBC.

Selama pameran, lanjutnya, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai penawaran khusus dan inspirasi bisnis. National Road Show Info Franchise and Business Concept Expo yang telah diselenggarakan sejak tahun 2006 ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat, khususnya para pelaku industri waralaba nasional.

“Kegiatan ini sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk terus mendorong munculnya wirausaha baru agar dapat mencapai target ekonomi emas pada 2045 sebanyak 4%, serta mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat mempercepat penambahan satu juta UMKM baru, khususnya pada sektor waralaba dan peluang usaha,” imbuh Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI).

Menurut Anang, pertumbuhan waralaba di tahun 2021 tercatat ada 113 pemberi waralaba dalam negeri baru yang memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), naik 5% dari tahun sebelumnya. Masyarakat bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian selepas pandemi ini dengan berwirausaha.

Sementara, Pameran IFBC 2022 yang berlangsung selama 3 hari (Jumat s.d. Minggu) di UTC Convention Hotel Jalan Kelud No.2 Kota Semarang ini menghadirkan lebih kurang 35 merek, baik waralaba maupun peluang usaha. Pameran buka pukul 10.00 hingga 19.00 WIB.

“Pada pameran IFBC 2022 ini juga tawarkan ragam peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari Rp5 Juta hingga ratusan juta rupiah,” tegasnya.

Pada sektor bisnis retail terdapat Alfamart (kebutuhan harian), Air Minum Biru (retail air minum isi ulang higinis), Erafone (retail gawai), Patina Design (retail lantai SPC), Utomodeck (retail atap solar panel & atap rangka baja), dan Shirudo Lab (retail produk kesehatan).

Adapun Ragam usaha keninian pada segmen kuliner yang bisa dikunjungi antara lain Kebab Turki Babarafi, Pide Turkish Pizza, Container Kebab, Ngikan, Nyapii, C’Bezt Fried Chicken, Tukuo Dimsum, Yasaka Fried Chicken, Oppa Corn Dog, Ayam Gepuk Pak Gembus, Wong Brebes Miliarder, Basreng & Cimol Ceunah, Dikwaa Cake, Bakso Kampungqu, Roti Ropi, Gembong Happy, Hore Steak.

Temui ragam bisnis minuman milenial seperti Menantea, Chocochiz, Meenum, Fill-Me, dan Es Teler Kapten. Sedangkan bisnis binatu (laundry) yang tidak pernah sepi penggemarnya, Anda bisa temui seperti Speed Queen, Washteria, dan LG Netto Laundromat. Bisnis menarik lainya yang dapat dikunjungi; Kiara Ecoprint (retail fesyen), Importir.org, Entrepreneurs.id, dan CloudKitchen.id.

Kegiatan seru tiga hari ini diikuti juga oleh UKM local antara lain: , Arva KripikTempe, Iwak Nyuzz, Eca Hanmade, Ninggara, Angelove Bakery, Kova Cake dan Kiara Ecoprint Jepara. Untuk menunjang kinerja bisnis Anda, hadir antara lain; Ralali.com, Iseller POS, D’Retail POS, Evlogia Organizer, dan Indonetwork.co.id.

Konsultasikan perkembangan bisnis Anda di sejumlah stan pemamer antara lain DK Consulting, Sahabat UMKM, dan Asosiasi Franchise Indonesia.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.