Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

PeSOnas 2022 Ajang Untuk Difabel Intelektual

Menpora : Jateng Beri Perhatian Lebih Pada Olahraga Disabilitas

0 217

METROJATENG.COM, SEMARANG – Pembukaan ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 di Semarang berlangsung meriah, Senin (4/7/2022). Ajang yang diperuntukan bagi difabel intelektual ini, dibuka secara resmi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

Menpora RI Zainudin Amali mengatakan, provinsi Jawa Tengah patut menjadi panutan bagi daerah lain. Sebabnya, perhatian pemerintah provinsi akan perkembangan olahraga disabilitas sangat besar.

“Nanti akhir bulan sampai 11 Agustus Jateng juga akan jadi tuan rumah Asean Paragames. Ini patut kita apresiasi dan banggakan. Terima kasih kepada Pak Ganjar sebagai gubernur yang telah menyiapkan. Saya sempat berpikir seandainya Pemda di seluruh Indonesia punya perhatian yangsama, maka akan membangkitkan dan menumbukan ajang paralympic kita,” ujarnya saat berbicara di panggung Holy Stadium Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, ajang ini merupakan kerjasama dari berbagai pihak. Ia mengungkapkan apresiasi kepada para panitia yang dapat mewujudkan PeSOnas 2022 di Jateng diikuti sekitar 22 Provinsi dari seluruh Indonesia.

“Terima kasih kepada kawan-kawan, karena sudah menyiapkan ini dengan luar biasa.Kita siapkantempat yang bagus agar bisa menampung banyak, kita berikan pelayanan yang baik supaya besok bertandingnya sportif,” ujarnya.

Iza Nekad Minta Swa-Foto

Kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi magnet tersendiri bagi para peserta pada pembukaan ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 di Semarang Senin (4/7/2022). Tak terkecuali bagi Izwatul Amanah yang memberanikan meminta swa foto pada Ganjar, saat acara berlangsung.

Iza, begitulah Izwatul sering disapa. Gadis berusia 16 tahun itu adalah siswa asal SLB Bandar Lampung. Datang ke ajang PeSOnas 2022, ia bertanding pada cabang seni tari.

Saat acara berlangsung, Iza memberanikan diri turun dari kursi dan membawa telepon pintarnya. Sesaat kemudian, ia meminta swa foto dengan beberapa tamu penting di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Setelah berfoto dengan sang idola, Iza lantas kembali bersama rekan setimnya di tempat duduk. Ditemui seusai acara, Iza mengaku mengenal sosok Ganjar dari televisi.

“Senang, pernah lihat di televisi. Tadi minta hadiah. Saya berani karena baik,” ujarnya.

Datang ke ajang tersebut, ia mengaku akan menunjukan kebolehannya menari jaipongan. Menurut Yuliana tim pendamping Bandar Lampung, Iza sudah giat berlatih selama tiga bulan.

“Mau menari jaipongan sama tari kreatif, judulnya tari sedulur. Iza sering lihat di televisi orangnya bijaksana,” ungkapnya.

Iza merupakan satu dari 1.118 atlet yang bertanding pada PeSOnas 2022. Ajang ini mempertandingkan 12 cabang olahraga plus acara seni budaya.

Ketua Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (Soina) Warsito Ellwein menyampaikan, ajang ini diperuntukan khusus bagi anak-anak bertalenta khusus. Mereka yang ikut serta dalam PeSonas merupakan penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita.

“Kami menyebut mereka anak bertalenta khusus, bukan lagi disabilitas intelektual. Kita ingin agar anak-anak ini diberi ruang yang aman, nyaman, guyub dan rukun serta bahagia agar mereka bisa berkarya mengembangkan potensi dan berguna bagi diri sendiri serta masyarakat serta negara,” pungkasnya. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.