Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

BULOG Jateng Jamin  Stok Pangan Jelang Ramadhan Aman

Daging Kerbau Mulai Dilirik, Minyak Goreng Melimpah

0 268

 

METROJATENG.COM, SEMARANG- Menjelang bulan ramadhan Perum BULOG Jawa Tengah memastikan stok bahan pangan aman. BULOG sudah menyiapkan stok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, dan daging kerbau. 

Pimpinan Wilayah Perum BULOG Jateng, Akhmad Kholisun mengatakan, stok beras di wilayahnya per 30 Maret 2022 ini masih 30.000 ton. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena BULOG Jateng masih melakukan penyerapan hasil produksi panen dalam negeri antara 350 sampai 500 ton per hari. 

“Saya menghimbau masyarakat untuk  tenang  karena stok pangan aman, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa  dengan tenang. BULOG  siap mengamankan stok, beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu dan daging kerbau, dan kami jamin stok.cukup sampai Idul Fitri. Jadi masyarakat diminta tidak berbelanja berlebihan, tetap belanja secukupnya saja,” himbau Akhmad Kholisun, 

Menurut  Akhmad Kholisun srok beras aman karena penyerapan beras oleh BULOG masih berlangsung. Bahkan para petani saat ini masih panen raya pada bulan Maret dan April, dan beberapa  kabupaten/kota masih berpotensi untuk penyerapan beras antara lain Brebes, Pemalang, Pati, Blora, Cepu, Sragen dan Wonogiri. 

” Jadi  masyarakat tidak perlu khawatir karena stok saat ini aman, baik beras medium maupun beras premium,” jelasnya.

Untuk harga jual beras, BULOG menetapkan HET (Harga eceran Tertinggi) untuk beras medium Rp9.450/kg dan beras premium Rp12.800/kg, Sedangkan minyak goreng harga disesuaikan dengan harga pasar

Khusus stok minyak goreng,   BULOG Jateng masih memiliki stok 42.300 liter. Jumlah tersebut disiapkan untuk penjualan langsung ke masyarakat maupun paket-paket. 

Harga jual minyak goreng BULOG masih rendah dibanding harga pasar, karena masih berkisar  Rp 22.000-Rp 23.000lliter untuk kemasan pouch.Sedangkan untuk pillow Rp 21.000- 22.000/liter.

“Untuk minyak goreng ini BULOG juga dapat dari distributor dengan harga pasar. Saat ini, kondisi stok cukup banyak dan permintaan sudah merata,” tambahnya.

Stok gula pasir saat ini masih 286 ton. Stok tersebut akan terus bertambah, karena BULOG memiliki anak perusahaan GMN, yang 2 minggu lalu juga sudah mulai meningkatkan produksi. 

Menyinggung mahalnya komoditas daging, BULOG memiliki daging kerbai yang mulai disukai masyarakat, karena harganya yang lebih terjangkau yakni Rp 78.000/kg. diakui Akhmad Kholisun, saat ini stok daging kerbau  menipis, hanya 9 ton. Namun demikian, BULOG Jateng saat ini masih proses permintaan untuk ‘move’ dari BULOG Kanwil DKI ke Jateng. 

“Daging kerbau untuk di Jateng ini sudah sangat ‘familier’ dan peminatnya cukup tinggi. Dari stok 60 ton yang sebelumnya kami siapkan dalam 3 minggu,  sampai saat ini tinggal 9 ton. Daging kerbau ini kami jual dalam bentuk frozen senilai Rp78 ribu/kg,” terangnya. 

Sementara itu, BULOG Jateng juga siap untuk melaksanakan operasi pasar jika dibutuhkan. Bahkan  BULOG Jateng selama masa Ramadhan telah berinisitaif menggelar program Pasar Murah yang dilakukan melalui ‘canvasing’ ke titik-titik potensial. 

:”Bagi masyarakat yang ingin membeli komoditas  BULOG ini, dapat membeli secara langsung di Rumah Pangan Kita dan Toko Pangan Kita. Masyarakat juga bisa membeli  secara online melalui aplikasi iPanganan maupun lewat Shoopee,” jelasnya. (tya)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.