Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Sriboga Flour Mill Dorong UMKM Pasarkan Produk Secara Digital

Gelar Bustanil Arifin Awar

0 325

METROJATENG.COM,  SEMARANG- Sriboga Flour Mill dalam upaya meningkatkan kualitas UMKM senantiasa mendorong UMKM untuk memasarkan produknya secara digital. Untuk itu Sriboga menggelar webinar “Sriboga UKM Class” dan  Bustanil Arifin Award, Kamis (17/2/2022) secara virtual.

Alwin Arifin, Perwakilan Keluarga Bustanil Arifin, sekaligus Direktur Utama PT Sriboga Raturaya, mengatakan. 

Sriboga UKM Class merupakan virtual webinar yang diselenggarakan setiap bulan selama tahun 2021, dengan tema Kiat Sukses Menuju Era Digital”. Hingga akhir 2021 total peserta mencapai 1.161 partisipan. 

Sriboga UKM Class ini merupakan bentuk komitmen Sriboga Flour Mill untuk tumbuh bersama pelanggan, yang bertujuan  membantu masyarakat, terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM), dalam memasarkan produknya secara online. Diakui Alwin selama pandemi, banyak UMKM yang terdampak  tidak mampu memasarkan produknya.

“Sriboga UKM Clas, Ini mulai dari bagaimana menciptakan produk yang inovatif hingga bagaimana memasarkan produk yang dijual secara online,” kata Alwin Arifin, Perwakilan Keluarga Bustanil Arifin, sekaligus Direktur Utama PT Sriboga Raturaya.

Adanya pelatihan yng dilakukan ini diharapkan UMKM di Indonesia dapat memasarkan produknya secara online dan bangkit kembali. Memasarkan Produk secara digital menurutnya akan lebih cepat mengena sasaran, sehingga UMKM akan segera pulih.

“Antusias UMKM mengikuti Sriboga UKM Clas sangat bagus, ini terbukti 1,161 peserta ikut berpartisipasi, karena ingin maju bersama ditengah pandemi. Untuk itu Bustanil Arifin Award digelar,” tambahnya.

Seperti diketahui, Bustanil Arifin Award adalah penghargaan yg diberikan kepada koperasi- koperasi yang beranggotakan pengusaha mikro kecil menengah yang berbasis terigu. Penghargaan dilihat dari penilaian kesehatan, kelayakan, kestabilan dan komitmennya dalam memajukan usaha para anggotanya. 

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2021 sejalan dengan era digital, Bustanil Arifin Award diperuntukkan kepada industri UMKM yang menerapkan strategi digital marketing, dalam usaha memaksimalkan penjualan produknya,” ujarnya.

Bustanil Arifin Award 2021 adalah bentuk apresiasi kepada seluruh mitra UKM yang telah mengikuti rangkaian seminar acara Sriboga UKM Class, dan kemudian mengaplikasikan dalam bisnisnya. Rangkaian acara terdiri dari 2 bagian, yaitu informasi juara yang memperebutkan berbagai kategori juara, dan acara Talkshow dengan topik “Peran Koperasi dalam Pengembangan Bisnis UMKM”. 

Acara Talkshow dimoderatori oleh Irfan Wahyudi (Konsultan pengembangan bisnis UMKM PT Sriboga Flour Mill), dan menghadirkan Narasumber diantaranya Dr. Ir. Indra Fahmi, M.Si (Direktur Pusat Inkubator Bisnis & Kewirausahaan IKOPIN), Edni Aswita Basri (Direktur SDM & Komunikasi PT Sriboga Raturaya, Pemerhati Pemberdayaan UMKM), dan Chairul Fadjar Sofyar (Komisaris PT Sriboga Flour Mill, Praktisi Koperasi, Mantan Sekjen kementerian Koperasi).

Sementara, untuk para pemenang Bustanil Arifin Award 2021 adalah O’ndut Bakery, Tegal, Jawa Tengah sebagai Juara Best of the Best. Selanjutnya Juara 1 Yani Kue, Bogor, Jawa Barat; Juara 2 Siroti, Demak, Jawa Tengah; Juara 3 Dapur Mamah Ami, Bandung, Jawa Barat; Juara Harapan 1 Pawon Cake, Ngawi, Jawa Timur; Juara harapan 2  De’Danens Kitchen, Salatiga, Jawa Tengah.Kemudian Juara Favorit 1 Omame, Jakarta Selatan; Juara Favorit 2 Omah Kacang 81, Jombang, Jawa Timur.

Keberhasilan acara Sriboga UKM Class dan Bustanil Arifin Award ini berkat dukungan dan kerjasama dari Bank Mandiri, Pizza Hut Indonesia, Digitiket, serta para narasumber baik instansi, swasta, pelaku usaha yang kompeten dan inspiratif.(tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.