Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Vaksinisasi Covid-19 di Klaten Berhadiah Motor Yamaha

0 246

 

METROJATENG.COM, KLATEN  – Vaksinasi Covid-19 berhadiah undian satu unit sepeda motor Yamaha di Klaten telah dimulai pada hari Senin (6/12/2021). Vaksinasi Covid-19 berhadiah undian sepeda motor itu digulirkan Pemkab Klaten bekerja sama dengan Dealer Yamaha. Pencanangan yang dilakukan di Pasar Srago, Kecamatan Klaten Tengah ini digulirkan pada 6-16 Desember 2021. Warga yang bisa mengikuti undian vaksinasi berhadiah sepeda motor tersebut yakni mereka yang belum menerima vaksinasi Covid-19.

Mereka cukup membawa fotokopi KTP yang dimasukkan ke kotak undian di gerai vaksinasi tersebut. Gerai vaksinasi berhadiah undian sepeda motor itu berada di Pasar Srago (6-7 Desember 2021), Pasar Pedan (8-9 Desember 2021), dan Pasar Delanggu (15-16 Desember 2021).

Selain itu, lokasi vaksinasi berhadiah sepeda motor tersebut berada di seluruh puskesmas dan rumah sakit. Pengundian hadiah dilakukan setelah 16 Desember. Selain satu unit sepeda motor, hadiah lainnya yang disiapkan seperti sepeda gunung, lemari es, dan lain-lain.

Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan vaksinasi terus digencarkan. Vaksinasi dilakukan di 55 fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, serta klinik. Selain itu, vaksinasi dilakukan melalui gerai-gerai vaksin seperti yang dibuka di Pasar Srago.

Cahyono menjelaskan saat ini capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 78,99 persen. Sementara, capaian vaksinasi untuk lansia lebih dari 60 persen. “Vaksinasi dilakukan kepada seluruh warga maksudnya untuk perlindungan kesehatan. Sesuai informasi yang kami terima, sudah muncul varian baru dan itu perlu disikapi bersama. Ini menjadi salah satu ikhtiar agar Klaten terbebas dari Covid-19,” kata Cahyono.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan target vaksinasi di Klaten sebanyak 1.006.650 orang dari total jumlah penduduk di Klaten sekitar 1,4 juta jiwa. “Target saya memang di November kemarin bisa mencapai 80 persen. Ada sedikit kendala,” kata dia.

Mulyani mengatakan salah satu kendala yakni sulitnya mencari warga untuk menerima vaksinasi dosis pertama. Kendala lain yakni masih ada warga yang termakan kabar ihwal dampak vaksinasi menggunakan Astrazeneca disebut membahayakan.

Mulyani menegaskan kabar itu tak benar. Sejak awal program vaksinasi digulirkan pemerintah, vaksin bernama Astrazeneca sudah menjadi salah satu jenis vaksin yang digunakan.

Dia juga menjelaskan vaksin jenis Astrazeneca menjadi salah satu syarat untuk masuk ke negara lain seperti Arab Saudi. “Oleh karena itu kami mohon dibantu agar warga tidak terjebak dengan informasi itu,” kata dia.

Mulyani mengatakan vaksinasi berhadiah undian sepeda motor itu dimaksudkan untuk meningkatkan minat warga yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 mendatangi gerai-gerai vaksin. Dia optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Klaten segera mencapai 80 persen dari total target melalui program tuntas vaksinasi tersebut.(eff)

Leave A Reply

Your email address will not be published.