Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

BPBD Batang Identifikasi 271 Rumah dan 28 Fasum Rusak Akibat Gempa

0

METROJATENG.COM, BATANG – Data terbaru, kerusakan akibat gempa Batang mencapai 271 unit rumah serta 28 fasilitas umum (fasum). Ratusan bangunan rusak tersebut tersebar pada tiga kecamatan dan 26 desa di Kabupaten Batang.

Sekretaris BPBD Batang, Puji Setyowati mengatakan, di Kecamatan Batang terdapat 16 desa yang terdampak gempa, kemudian di Kecamatan Warungasem ada 8 desa dan di Kecamatan Wonotunggal ada 2 desa terdampak. Sampai dengan hari Selasa (9/7/2024), tim gabungan dari BPBD, TNI/Polri, bersama relawan masih membersihkan infrastruktur yang mengalami kerusakan.

“Sejak hari pertama, tim mengintensifkan identifikasi kerusakan pada fasilitas umum, agar pelayanan publik segera pulih kembali”, jelasnya.

Puji menjelaskan, tim gabungan mengutamakan pembersihan lembaga pendidikan, tempat ibadah dan pasar. BPBD bersama pemangku kebijakan terkait juga telah melakukan pembahasan tentang alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk memulihkan infrastruktur.

“Kemungkinan besar alokasi anggaran perbaikan berasal dari berbagai pihak, termasuk provinsi dan pemerintah pusat”, ungkapnya.

Sementara itu, Camat Warungasem, Darsono mengatakan, dari delapan desa terdampak gempa, Desa Lebo menjadi wilayah dengan kerusakan mayoritas. Berdasarkan hasil pendataan, terdapat 96 unit bangunan rusak, yakni 95 unit rumah penduduk dan 1 unit gedung madrasah ibtidaiyah.

“Tim teknis menemukan 5 unit rumah rusak berat, 13 unit rusak sedang, dan 77 rusak ringan. Memang posko pengungsian tidak dibuat karena warga dengan kerusakan rumah parah bernaung di kediaman sanak keluarga terdekat”, ucapnya.

Hingga saat ini masih dilakukan rehabilitasi seluruh bangunan baik fasilitas umum maupun rumah penduduk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.