Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kunjungi Sentra Batik, Mendag Dorong Pelaku UKM Rambah Pasar Ekspor

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah  (UKM)  di  Galeri  Sentra  Batik  Pewarna  Alam  Gunung  Pati,  Semarang,  Jateng  untuk mulai merambah pasar ekspor. Salah satunya, dengan berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 yang  akan  digelar  pada  9–12  Oktober  2024 mendatang.

Menurut Mendag, pameran  tersebut  bertujuan  agar  produk  Indonesia  makin mendunia. Sekaligus juga membuka peluang pelaku UKM untuk menjajagi pasar ekspor.

“Sentra batik Gunung Pati Semarang mempunyai produk batik dengan kualitas bagus, Dan saat ini batik sudah menjadi produk kelas dunia. Saya mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap perajin, industri dan UMKM di sektor ini. Dalam waktu dekat aka nada TEI, kita dorong pelaku UMK batik untuk berpartisipasi”, kata Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan.

Galeri Sentra Batik Pewarna Alam Gunung Pati yang terletak di kampung Malon ditunjuk sebagai salah satu wilayah dari  16  wilayah  yang  menerima Program  Kampung Tematik  di  wilayah  kota  Semarang. Para  perajin  batik  yang  tergabung  dalam  kelompok  Batik  Kampung  Malon  sepakat  menggunakan bahan pewarna alami untuk memproduksi batik dengan mengusung semangat cinta lingkungan. Galeri Sentra  Batik  Gunung  Pati  terkenal  dengan  produksi  batik  warna  alami  yang  berasal  dari  tumbuh-tumbuhan,  seperti  dari  daun  indigo,  limbah  bakau,  kulit  mahoni,  secang,  tegeran  dan  jelawe.

Menurut Menteri Zulhas, hal Ini sangat menarik bagi para konsumen dari berbagai negara. Sehingga TEI 2024 menjadi peluang untuk mengenalkan hasil produksi batik dari Gunung Pati ini.

“Nanti dipilih pelaku UKM terbaik, dengan dibantu pemerintah daerah sehingga para perajin tidak mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produknya di TEI 2024 agar dapat ‘go international’.Kalau  mau  ekspor,  TEI  adalah  tempatnya. Diperkirakan  40  ribu buyerdari  180  negara,  seperti  India  dannegara-negara  di  kawasan  Timur Tengah, Eropa, serta Afrika akan mengunjungi TEI”,  jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.