Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Menkominfo Imbau Orang Tua Pantau Rating Game Anak Selama Libur Lebaran

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo), Budi Arie Sriadi meminta para orang tua untuk memantau rating game yang dimainkan anak selama libur Lebaran. Hal tersebut penting dilakukan, untuk menghindarkan anak dari tontonan yang mengandung kekerasan ataupun pornografi.

“Dalam game, semua sudah diberi rating. Jadi, game yang bisa dikonsumsi anak-anak, juga ada ratingnya tersendiri dan orang tua harus memantaunya”, tuturnya.

Lebih lanjut Budi Arie memaparkan, Kementerian Kominfo telah mengatur klasifikasi gim melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 2 Tahun 2024. Mengacu pada peraturan tersebut, Budi Arie menekankan kewajiban pendampingan orang tua untuk mendampingi anak usia 3 tahun, 7 tahun, serta kategori kelompok usia 13 dan 15 tahun.

“Orang tua diwajibkan untuk membimbing anaknya, jadi ketiga membuka situs, harus didampingi dan orang tua harus memastikan yang dikonsumsi anaknya adalah rating yang sesuai dengan usianya”, ucapnya.

Kementerian Kominfo juga mengawasi pengembang game agar menyesuaikan muatan permainan berdasarkan kelompok umur. Dimana setiap platform harus mencantumkan rating.

“Kewajiban produsennya sama seperti produser film. Kalau film sudah dilabelin 13 tahun, 17 tahun, atau semua umur. Untuk platform game juga wajib dilabeli rating”, ungkapnya.

Untuk mempermudah pengawasan, Menkominfo menyarankan orang tua untuk memanfaatkan mode anak (kids mode), yang saat ini telah banyak disediakan oleh produsen gawai dan pengembang game. Apabila mode tersebut diaktifkan di sebuah gadget, akses ke konten-konten yang disediakan merupakan konten yang ramah anak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.