Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kuatkan Kapasitas BUMDes, Dinsospermasdes Banyumas Libatkan Pentahelix

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Kabupaten Banyumas terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dalam upaya peningkatan tersebut, Dinsospermasdes Banyumas melibatkan pentahelix dari mulai pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat serta media.

Kepala Dinsospermasdes Banyumas, Arif Triyono S.Sos mengatakan, keterlibatan pentahelix sangat penting untuk bisa memacu peningkatan kapasitas BUMDes. Mengingat masih banyak hal yang harus dibenahi dan tingkatkan dari pengelolaan BUMDes.

“Penguatan BUMDes juga bagian dari pendampiangan desa yang kita lakukan. BUMDes harus dikuatkan baik dari sisi manajemen pengelolaannya, unit usahanya, pengelolaan aset, Sumber Daya Manusia (SDM) dan lainnya. Untuk mewujudkannya butuh campur tangan dari pentahelix,”, jelasnya.

Dalam upaya peningkatan kapasitas BUMDes ini, Dinsospermasdes juga menggelar pelatihan-pelatihan. Namun, semua membutuhkan proses dan bisa diwujudkan secara bertahap.

“Banyak element yang terlibat dalam peningkatan kapasitas BUMDes ini, mulai dari SDM pengelola BUMDes sendiri, pihak desa hingga support dari pemerintah dan masyarakat tentunya”, kata Arif.

Pendampingan Desa

Lebih lanjut Arif menjelaskan, Dinsospermasdes juga rutin melakukan pendampingan terhadap desa-desa. Selain terus mendorong BUMDes untuk berbadan hukum, pihaknya juga mensosialisasikan pengelolaan aset-aset desa. Dimana seluruh aset desa harus tercatat dengan kode surat, serta pemanfaatan aset sebisa mungkin mampu menambah Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Aset desa sekarang ini harus terdata secara elektronik, supaya lebih mudah dalam pemantauannya. Namun, masih banyak desa yang melakukan pencatatan aset secara manual, sehingga terus kita dorong dan edukasi untuk mulai tertib dalam pendataan aset”, terangnya.

Menurutnya, dengan adanya pendataan kodefikasi, aset-aset desa yang disewa ataupun dikerjasamakan dengan pihak ketiga, lebih tarpantau. Dan pengelolaan asset yang tertib ini, diharapkan mampu membantu peningkatan pendapatan desa.

“Sudah ada desa di Kabupaten Banyumas yang bagus dalam pengelolaan asetnya dan itu dilakukan dengan kerjasama BUMDes. Disinilah pentingnya peningkatan kapasitas BUMDes”, pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.