Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Posko MEDICO, Inovasi Terbaru PLN Pantau Pengamanan Listrik

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – PLN UP2D Jateng dan DIY memperkenalkan inovasi terbarunya dalam pemantauan pengamanan listrik. Inovasi yang berlabel MEDICO (Mobile Electricity Distribution Command Post) ini merupakan Posko Siaga Kehandalan Bergerak Terpadu.

Manager PLN UP2D Jateng dan DIY, Ery JP mengatakan, MEDICO berfungsi sebagai pusat komando pemantauan, sekaligus pengamanan pasokan energi listrik pada kegiatan kenegaraan VIP/VVIP atau event penting skala nasional atau internasional lainnya.

“Posko ini dilengkapi dengan perangkat tampilan antar muka yang terhubung dengan sistem SCADA, untuk mengontrol dan memonitoring secara real time kinerja peralatan yang dipasang oleh PLN, serta untuk memastikan dan menjamin pasokan energi listrik tetap terjaga di lokasi acara,” katanya.

Dijelaskan, selain monitoring peralatan, posko bergerak ini juga difasilitasi radio ROIP & POC untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pusat pengatur distribusi (DCC), petugas lapangan, manajemen dan semua yang terlibat dalam kegiatan pengamanan pasokan energi listrik ini.

“Dalam hal ini, PLN berkolaborasi dengan PLN ICON+ untuk menyediakan jaringan data guna kebutuhan konektivitas melalui layanan Iconnet,” jelasnya.

Menurutnya, jaringan PLN ICON+ memiliki ketersediaan layanan yang cukup luas, sehingga memungkinkan posko MEDICO dapat terpasang dimanapun untuk mendukung kesuksesan acara-acara penting negara.

“Selama ini moment besar yang menerapkan Posko MEDICO antara lain Agriculture Deputies Meeting II Delegasi G20 Yogyakarta pasa 27-29 Juli 2022, G20 Culture Ministers Meeting (CMM) Delegasi G20 Magelang – Candi Borobudur pada 11-17 September 2022, 11th ASEAN PARAGAMES SOLO 2022 Negara Asean Surakarta pada 30 Juli-6 Agustus 2022, DREAM THEATER CONCERT POWERED BY PLN Acara Umum Surakarta pada 10 Agustus 2022, Pernikahan Putra Presiden R.I Tamu Negara VVIP/VIP Yogyakarta Surakarta pada 8-11 Desember 2023,” ungkapnya.

Sementara, kegunaan MEDICO sendiri antara lain mengamankan pasokan energi listrik pada event yang didukung oleh PLN, mempercepat pemasangan posko siaga kehandalan di lokasi acara.

Selain itu, posko siaga ini dapat dipasang pada posisi yang lebih strategis, berada atau dekat dengan lokasi acara. Dengan begitu mempermudah koordinasi dan komunikasi dengan semua unsur petugas, pimpinan siaga kehandalan acara dan manajemen PLN.

“Melalui posko MEDICO ini juga akan mampu mempertahankan kinerja dan reliability peralatan kehandalan yang terpasang agar beroperasi secara real time tanpa terputus. Selain itu juga mempercepat penanganan kondisi anomali pada peralatan kehandalan, sehingga terhindar dari terputusnya aliran listrik. Posko ini sekaligus bisa menjaga citra PLN sebagai perusahaan pilihan No. 1 pelanggan,” tandasnya.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.