Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Balaikota Semarang Kini Telah Hadir SPKLU

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Dalam rangka percepatan untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik khususnya di Kota Semarang, PLN kembali meresmikan satu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Balaikota Semarang. Peresmian ini menjadi sangat istimewa karena bertepatan dengan HUT Kota Semarang ke-476, Selasa (2/5/2023).

SPKLU dengan tipe Ultra Fast Charging berkapasitas 200 kW tersebut diresmikan oleh Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersama seluruh Forkopimda Kota Semarang, didampingi oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, AB Wahyu Jatmiko.

Dalam sambutannya, Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau biasa disapa Mbak Ita menyampaikan, apresiasi atas kerjasama PLN dalam mendukung Kota Semarang yang ramah lingkungan.

“Sebuah kebanggaan karena Semarang menjadi kotamadya pertama di Jawa Tengah yang bekerjasama dengan PLN untuk menghadirkan fasilitas SPKLU Ultrafast Charging di Balaikota,” katanya.

Menurut Ita, peresmian SPKLU tersebut diharapkan akan menjadi pendorong percepatan pemanfaatan energi terbarukan, khususnya di Kota Semarang.

Mengawali sambutannya, General Manager PLN UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, AB Wahyu Jatmiko mengucapkan selamat ulang tahun ke-476 untuk Kota Semarang. Jatmiko menyatakan, PLN terus berkomitmen untuk melaksanakan instruksi Presiden dalam mendukung transisi energi.

Ditambahkan, pembangunan SPKLU ini merupakan wujud konkrit untuk mempercepat terwujudnya transisi energi dalam bidang transportasi dengan pengembangan fasilitas pendukung ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle).

“Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Semarang ke-476 hari ini, kita meresmikan SPLKU Balaikota Semarang. SPKLU ini dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat umum karena Ini adalah kado terindah dari PLN untuk Kota Semarang. Semoga hal ini menjadi batu pijakan mendorong program konversi energi menuju Net Zero Emission tahun 2060,” papar Jatmiko.

SPKLU yang berada di Balaikota Semarang ini adalah SPKLU ke-20 di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Sebelumnya PLN telah membangun 19 SPKLU yang berlokasi di Istana Gedung Agung Yogyakarta, Kawasan Candi Prambanan, Kawasan Candi Borobudur, Kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY, PLN Unit Layanan Pelaksana (ULP) Brebes, PLN ULP Slawi, PLN ULP Sukoharjo Kota, PLN ULP Ungaran, PLN ULP Wates, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus, PLN UP3 Klaten, PLN UP3 Pekalongan, PLN UP3 Semarang, PLN UP3 Surakarta, PLN UP3 Yogyakarta, Rest Area KM 379 A, Rest Area KM 389 B, Rest Area KM 519 A, Rest Area KM 519 B.

Selain itu, PLN juga hadir dengan inovasi melalui produk Emergency Charging Mobile (EMC) yaitu SPKLU Mobile yang disiagakan dari awal masa arus mudik hingga akhir arus balik lebaran 2023. Unit SPKLU ini dapat melayani charging secara mobile bahkan saat keadaan Emergency (darurat) bagi mobil listrik di ruas jalan tol di wilayah Jawa Tengah dan DIY.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.